Strategi Guru dalam Pembelajaran Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun

  • Wiwik Haryani Universitas Mulawarman
  • Noni Olivia Sugianti Universitas Mulawarman
  • Fachrul Rozie Universitas Mulawarman

Abstract

Pembelajaran keterampilan motorik halus pada anak usia dini harus diterapkan secara tepat sesuai dengan usia anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam merancang pembelajaran keterampilan motorik halus, serta penerapan strategi pembelajaran keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini  menggunakan penelitian  kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 1 kepala sekolah, 1 guru dan 10 orang anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Tridharma Plus Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, dianalisis berdasarkan model analisis deskriptif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian mengungkapkan dua temuan yaitu stategi guru merancang pembelajaran keterampilan motorik halus   berupa desain pembelajaran dalam bentuk dokumen RPPM dan RPPH berdasarkan model pembelajaran  di sekolah. Penerapan strategi pembelajaran keterampilan motorik halus menggunakan strategi pembelajaran demonstrasi,  guru mengajarkan langsung   dalam pembelajaran keterampilan motorik halus, strategi pengajaran langsung   ikut praktek langsung.  Hasil penelitian ini menyimpulkan strategi guru yang diterapkan dalam pembelajaran motorik halus adalah demonstrasi, sehingga penelitian ini berkontribusi memberikan gambaran pelaksanaan strategi demonstrasi sebagai upaya guru di TK Tunas Tridharma Plus Samarinda.

References

Fadlillah, M. 2020. Buku Ajar Konsep Dasar Paud. Samudra Biru.

Fitri, Annisa, Sri Saparahayuningsih, Dan Nesna Agustriana. 2017. “Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Potensia 2(1):1–13.

Harahap, Febriyani. 2019. “Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Melipat Kertas Origami.” Aṭfāluna: Journal Of Islamic Early Childhood Education 2(2):57–62.

Jannah, Miftahul, Nazari Nazari, Dan Amrindono Amrindono. 2021. “Strategi Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Metorik Halus Anak Di Paud Al-Fadhl Kelurahan Penyengat Rendah Kecamatan Telanaipura Kota Jambi.”

Munawarah, Siti. 2021. “Strategi Discovery Learning Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.” Kaisa: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 1(2):106–16.

Nasution, Siyyela Tika, Danim Sudarwan, Dan Hambali Daimun. N.D. “Studi Perbedaan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Kelompok B Berdasarkan Disiplin Kerja Guru Di Paud Kampung Bali Kota Bengkulu.”

Nugraha, Fida Etrika. 2017. “Identifikasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Gugus Iii Kecamatan Piyungan Bantul.” Pendidikan Guru Paud S-1 6(4):329–40.

Nuraeni, Andi. 2022. “Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mewarnai Gambar Dikelompok Bermain Maccini Gusung Kota Makassar.”

Nuraeni, Nuraeni. 2014. “Strategi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.” Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan Ipa Ikip Mataram 2(2):143–53.

Rahardjo, Budi, Naning Sutriah, Dan Fachrul Rozie. 2019. “Strategi Pembelajaran Dalam Optimalisasi Kecerdasan Musikal Anak Di Tk Dharma Bahagia Samarinda.” Edubasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar 1(1):37–42.

Ramadhani, Yulia Rizki, Hani Subakti, Sulfiani Masri, Diah Puji Nali Brata, Salamun Salamun, Devy Stany Walukow, Leny Dhianti Haeruman, Lia Kristina Sianipar, Lari Andres Sanjaya, Dan Nadya Fadillah Fidhyallah. 2022. Pengantar Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Rizky, Nahdiyatul Fitria. 2021. “Strategi Guru Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Di Tk Islam Aqidah
Palangka Raya.”

Sabekti, Ika Nur. N.D. “Peningkatan Motorik Halus Anak Kelompok B Melalui Metode Demonstrasi Proses Kreasi Kolase Kulit Bawang Di Tk Dharma Indria Ii Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2016/2017.”

Suryana, Dadan. 2014. “Hakikat Anak Usia Dini.” Dasar-Dasar Pendidikan Tk 1:5–10.

Syam, Suhendi, Hani Subakti, Sonny Kristianto, Dina Chamidah, Tri Suhartati, Nana Harlina Haruna, Joko Krismanto Harianja, Joni Wilson Sitopu, Yurfiah Yurfiah, Dan Sukarman Purba. 2022. Belajar Dan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Published
2023-06-30
How to Cite
HARYANI, Wiwik; SUGIANTI, Noni Olivia; ROZIE, Fachrul. Strategi Guru dalam Pembelajaran Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. JECER (journal Of Early Childhood Education And Research), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 20-28, june 2023. ISSN 2774-2164. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/37064>. Date accessed: 17 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jecer.v4i1.37064.
Section
Articles