Eksplorasi Permasalahan PAUD di Kabupaten Jember

  • Senny Weyara Dienda Saputri Universitas Jember http://orcid.org/0000-0003-4664-2271
  • Muhammad Haidlor Universitas Jember
  • Alfina Nur Khoirani Universitas Jember
  • Riris Prasetyawati Universitas Jember
  • Putri Minasadiyah Universitas Jember
  • Riskiandhita Putri Ashari Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi sebagai pemecahan masalah yang terjadi di TK Al Muhajirin Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan metode pengambilan data berupa observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data dianalisis dengan Root Cause Analysis menggunakan teknik 5 why sehingga peneliti menemukan fokus permasalahan sebagai hasil penelitian diantaranya, tingkat konsentrasi anak yang rendah, ketidaksesuaian proses pembelajaran dengan rancangan pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH), dan background pendidikan guru yang tidak linear dengan bidang kependidikan. Yang mana permasalahan-permasalahan tersebut memberikan efek terhadap perkembangan anak selama belajar di sekolah. Background pendidikan guru yang tidak linear dengan bidang pendidikan menjadikan keefektivan proses pembelajaran yang rendah. Lalu pengetahuan dan keterampilan guru dalam membuat dan menerapkan rancangan pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) sangatlah minim. Serta adanya pembelajaran yang monoton mengakibatkan anak menjadi bosan dan sulit konsentrasi. Maka dari itu, pada penelitian ini terdapat beberapa solusi yang ditawarkan oleh peneliti dalam mengatasi permasalahan yang terjadi yaitu kegiatan morning activity berbentuk permainan senam otak untuk meningkatkan tingkat konsentrasi anak, guru dapat mengikuti atau membuat kegiatan workshop yang bertujuan meningkatkan kreativitas dalam membuat RPPH, dan guru mengasah kemampuan kreativitas yang dimiliki dengan mengikuti beberapa kegiatan yang dengan pendidikan anak usia dini.

References

Alifah, S. 2021. Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia untuk Mengejar Ketertinggalan dari Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian. 5(1): 113–123.

Darman, R. A. 2017. Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Jurnal Edik Informatika. 3(2): 73–87.

Dennison, Paul E., 2009. Brain Gym (senam otak). Edisi bahasa Indonesia (cetakan X). Alih bahasa: Ruslan dan Rahayu, M. Jakarta: Grasindo.

Hartati, S. 2017. Peran Paud dalam pengembangan Sumber Daya Manusia Di Masa Depan. Jurnal manajemen paud. 2655-6189.

Heni, Nurlika, Ulvi. 2021. Tingkat Konsentrasi Belajar Anak pada Siswa Kelas IV SD melalui Brain Gym (Senam Otak). Jurnal Keperawatan Silampari. 5(1): 222 - 232.

Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. 2022. Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu. 6(4): 6145-6154.

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. 2022. Upaya peningkatan pendidikan berkualitas di Indonesia: Analisis pencapaian sustainable development goals (SDGs). Jurnal Basicedu. 6(4): 7096-7106.

Septyara D. A., &, S. 2017. Pelaksanaan Program Workshop “Belajar Efektif” Untuk Orang Tua. JIV-Jurnal Ilmiah Visi. 12 (2): 129–136.

Suratun, Tirtyanti, Sri. 2020. Pengaruh Brain Gym Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah. 5(1): 101-105.
Published
2022-12-31
How to Cite
DIENDA SAPUTRI, Senny Weyara et al. Eksplorasi Permasalahan PAUD di Kabupaten Jember. JECER (journal Of Early Childhood Education And Research), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 53-60, dec. 2022. ISSN 2774-2164. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/36627>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jecer.v3i2.36627.
Section
Articles