Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun

Studi Kualitatif pada TK Mufadol Tambang Sawah Kec. Pinang Belapis Kabupaten Lebong, Bengkulu

  • Amanah Rahma Ningtyas Institut Agama Islam Negeri Curup

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan strategi yang dilakukan guru dalam mengembangkan kemandirian anak di TK Mufadol Tambang Sawah Kecamatan Pinang Belapis Kabupaten Lebong.  jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Pada saat didalam kelas anak terlihat kemandiriannya ketika belajar, anak memperhatikan ibu guru menjelaskan dan mengerjakan tugas dari ibu guru, sesekali terlihat ketika mengalami kesulitan muncul bentuk ketidakmampuan dalam melakukan dengan sendiri, dan ibu guru membantu anak dalam kesulitannya tersebut. Pada saat kegiatan bermain anak juga memperlihatkan kemandirian, misalnya ketika temannya mengalami kesulitan dalam memasang puzzle, dia membantu temannya tersebut. Pada saat dia menemukan masalah ketika mainan balok hanya satu dan ada temannya yang berebut, dia memberikan solusi untuk bergantian. Hal ini seperti ini tidak mungkin ditunjukkan oleh anak tanpa adanya stimulasi yang baik yang dia dapatkan baik di rumah atau disekolah. Strategi yang dilakukan pada anak pada pembiasaan tersebut, misalnya pada saat pagi penyambutan anak , guru terlihat membiarkan anak masuk melepaskan sepatunya dan menaruh di rak tempat sepatu. Hal ini bukan berarti guru tidak memperhatikan anak, atau membiarkan anak, namun hal ini sudah menjadi perlakuan pembiasaan yang dilakukan oleh guru

References

Baniyah. 1999, Menumbuhkan Kemandirian Dan Kreativitas Pola Pikir Anak Usia PraSekolah

Direktorat Jenderal PLS. 2009. PAUD Investasi Masa Depan Bangsa: Jakarta

Depdiknas Dirjen PAUD. 2006. PAUD Investasi Masa Depan Bangsa: Jakarta

Depdiknas Dirjen PAUD. 2000. Menciptakan bahan ajar yang berpusat pada anak menciptakan kelas yang berpusat pada anak, Children’s Resource International (alih bahasa Kenny Dewi Junita dkk.) Jakarta: CRI Indonesia, 2000.

Lexy J, Moleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosda: Bandung

M.B. Millies and A.M Huberman. 1964. Qualitative Data analysis. (USA. Saga Publications,)

Sanan., Yamin. 2013. Panduan pendidikan anak usia dini. Jakarta: GP. Press.

Santrock, John W. 2002. Life-Span Development: alih bahasa Juda Damantik dkk. Jakarta: Erlangga

Simatupang, dkk. 2021. Penanaman kemandirian anak usia dini di sekolah. Jurnal AUDHI. 3 (2)

Sujiono, Y.N. 2009. Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT Indeks.

Yuliani, Nurani Sujiono, 2009. Konsep Dasar PAUD, Jakarta : Indeks
Published
2022-12-31
How to Cite
NINGTYAS, Amanah Rahma. Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun. JECER (journal Of Early Childhood Education And Research), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 70-79, dec. 2022. ISSN 2774-2164. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/35979>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jecer.v3i2.35979.
Section
Articles