Perbedaan Tingkat Pendidikan Ibu Terhadap Sikap Tanggung Jawab Anak Pasca Pandemi Covid-19

  • Triska Nurcahayati Universitas Trunojoyo Madura
  • Dwi Nurhayati Adhani Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat pendidikan ibu terhadap sikap tanggung jawab pasca pandemi Covid-19 di Desa Biting, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan metode penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu  ibu-ibu  yang  mempunyai  anak  dengan  rentang usia  5-6  tahun  berjumlah  30 orang.  Pengambilan  sampel  menggunakan  teknik non  probability dengan  jenis  sampel jenuh. Peneliti mengumpulkan data menggunakan kuesioner berbentuk skala Likert. Hasil dari penelitian terdapat  perbedaan  yang  signifikan  antara  tingkat  pendidikan  ibu  terhadap  sikap  tanggung  jawab anak pasca pandemi. Terbukti dari output yang diolah melalui SPSS 23 diketahui nilai Fhitung sebesar 4.917 dan nilai sig sebesar 0,008. Nilai Ftabel dengan taraf signifikansi 5% sebesar 4,20. Nilai Fhitung> Ftabel= 4.917 > 4,20 dan nilai signifikansi 0,008 < 0,05, sehingga hipotesis alternatif Ha diterima yang artinya ada perbedaan antara tingkat pendidikan ibu terhadap sikap tanggung jawab anak. Hasil Uji Tukey untuk melihat  hasil perbedaan dari setiap kelompok yaitu ibu yang tingkat  pendidikan rendah  yakni  SD  dan  SMP  nilai  rata-rata  sebesar  89,25  dan  99,30,  sedangkan  pada  tingkat pendidikan tinggi yakni SMA, dan D3/S1 dengan nilai rata-rata sebesar 103,18 dan 109,00. Faktor yang mempengaruhi sikap tanggung jawab anak yakni perbedaan perlakuan ibu dalam melatih sikap tanggung jawab anak.

References

Hamdi, A S, Bahruddin, E. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan.1st ed. Yogyakarta: Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=nhwaCgAAQBAJ.

Hawadi, Lydia Freyani. 2012. Al-Ta’dib Pedoman Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini.

Mulyasa, Prof. Dr. H. E. 2018. Manajemen Pendidikan Karakter. 1st ed. ed. Dewi Ispurwanti. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Neni Nadziroh, Abdul Karim. 2018. “Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Karakter Siswa Kelas V Sdn Mlilir 01 Bandungan Kabupaten Semarang”. Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan. 3 [1]. 20-30.

Oktavino, Derry. 2017. “Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa Asuh di Panti Asuhan Aisyiyah Putra Batusangkar.”. Skripsi. Bimbingan Konseling, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&d. Cet 20. Bandung: Alfabeta

Ulfah, Annisa. 2022. “Peran Dan Dampak Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Penanaman Karakter Pada Anak (Studi Kasus Di Desa Awang Baru Kabupaten Hulu Sungai Tengah Provinsi Kalimantan Selatan)”. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin.

Zubaedi, Dr. 2011. Desain Pendidikan Karakter. cet-1. Jakarta: Kencana.
Published
2022-12-31
How to Cite
NURCAHAYATI, Triska; ADHANI, Dwi Nurhayati. Perbedaan Tingkat Pendidikan Ibu Terhadap Sikap Tanggung Jawab Anak Pasca Pandemi Covid-19. JECER (journal Of Early Childhood Education And Research), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 46-52, dec. 2022. ISSN 2774-2164. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/33764>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jecer.v3i2.33764.
Section
Articles