Perbedaan Tingkat Pendidikan Ibu Terhadap Sikap Tanggung Jawab Anak Pasca Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat pendidikan ibu terhadap sikap tanggung jawab pasca pandemi Covid-19 di Desa Biting, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan metode penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu ibu-ibu yang mempunyai anak dengan rentang usia 5-6 tahun berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability dengan jenis sampel jenuh. Peneliti mengumpulkan data menggunakan kuesioner berbentuk skala Likert. Hasil dari penelitian terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat pendidikan ibu terhadap sikap tanggung jawab anak pasca pandemi. Terbukti dari output yang diolah melalui SPSS 23 diketahui nilai Fhitung sebesar 4.917 dan nilai sig sebesar 0,008. Nilai Ftabel dengan taraf signifikansi 5% sebesar 4,20. Nilai Fhitung> Ftabel= 4.917 > 4,20 dan nilai signifikansi 0,008 < 0,05, sehingga hipotesis alternatif Ha diterima yang artinya ada perbedaan antara tingkat pendidikan ibu terhadap sikap tanggung jawab anak. Hasil Uji Tukey untuk melihat hasil perbedaan dari setiap kelompok yaitu ibu yang tingkat pendidikan rendah yakni SD dan SMP nilai rata-rata sebesar 89,25 dan 99,30, sedangkan pada tingkat pendidikan tinggi yakni SMA, dan D3/S1 dengan nilai rata-rata sebesar 103,18 dan 109,00. Faktor yang mempengaruhi sikap tanggung jawab anak yakni perbedaan perlakuan ibu dalam melatih sikap tanggung jawab anak.
References
Hawadi, Lydia Freyani. 2012. Al-Ta’dib Pedoman Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini.
Mulyasa, Prof. Dr. H. E. 2018. Manajemen Pendidikan Karakter. 1st ed. ed. Dewi Ispurwanti. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Neni Nadziroh, Abdul Karim. 2018. “Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Karakter Siswa Kelas V Sdn Mlilir 01 Bandungan Kabupaten Semarang”. Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan. 3 [1]. 20-30.
Oktavino, Derry. 2017. “Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa Asuh di Panti Asuhan Aisyiyah Putra Batusangkar.”. Skripsi. Bimbingan Konseling, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&d. Cet 20. Bandung: Alfabeta
Ulfah, Annisa. 2022. “Peran Dan Dampak Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Penanaman Karakter Pada Anak (Studi Kasus Di Desa Awang Baru Kabupaten Hulu Sungai Tengah Provinsi Kalimantan Selatan)”. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin.
Zubaedi, Dr. 2011. Desain Pendidikan Karakter. cet-1. Jakarta: Kencana.