Nilai Kreatifitas dalam Kewirausahaan Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Cooking Day di RA Roudlotusysyubban
Abstract
Kewirausahaan pada anak usia dini, bukan mengajarkan anak untuk menjadi seorang pedagang maupun mengajarkan anak untuk mendapatkan uang sejak dini, melainkan untuk mengajarkan nilai-nilai dalam kewirausahaan. Nilai-nilai kewirausahaan tersebut diantaranya, nilai tanggung jawab, kerjasama, kerja keras, percaya diri, serta nilai kreativitas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana nilai kreativitas anak dapat berkembang melalui kegiatan membuat onde-onde pelangi ini. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Penelitian ini berisi tantang cara menumbuhkan nilai kreativitas pada anak melalui kegiatan cooking day. Peneliti memilih kegiatan membuat onde-onde pelangi tersebut, untuk mengenalkan anak tentang makanan tradisional yang mungkin anak zaman sekarang kurang tahu karena anak cenderung memilih-milih makanan, dan anak melihat makanan dari segi bentuk, dan warna yang menarik. Karenanya, peneliti berinovasi untuk membuat onde-onde pelangi, karena onde-onde biasanya hanya berwarna kuning kecoklatan saja. Namun, kini ada berbagai macam warna dari adonan kulit onde-onde yang diharapkan dapat meningkatkan kreativitas anak. Hal tersebut dapat dilihat saat mencapurkan berbagai warna kulit adonan onde-onde. Anak bebas berkreasi dengan adonan onde-onde sehingga nilai kreativitas anak dapat terlihat. Selain dapat meningkatkan nilai kreativitas anak, kegiatan membuat onde-onde ini juga dapat meningkatkan ketekunan anak, motorik halus anak, dan bahasa anak.
References
Devy. N, H., Miftakhul, J., dan Siti, M. 2019. The Effect of Cooking Class on the Eating Behavior of Children Playing Groups in the Pesantren District of Kediri City. International Journal for Educational and Vocational Studies. 1(2): 170-176
Fitroh, S. F., Dewi, M. 2017. Kreativitas Enterpreneureal Leadership Dalam Pembelajaran Kewirausahaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. 6(2): 171-180.
Hayuningtias. E. H., Misno A. L., Laily, N. A. 2021. Peran Keuangan Yayasan Terhadap Manajemen Keuangan di TK Fafitri Kecamatan Patran Kabupaten Jember. Journal Of Early Childhood Education and Research. 2(2): 46-54
Ita, E. 2018. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati. 5(2): 103-104.
Ndeot, F. 2010. Menanamkan Jiwa Kewirausahaan Sejak Dini di Era MEA. Jurnal Pernik. 1(1): 1-9.
Nugrahani. R., Erni, M., Eko, S. 2020. Strategi Pengembangan Nilai-Nilai Enterpreneurship pada Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education (JECE). 2(2):139-154
Nurhafizah, 2018. Bimbingan Awal Kewirausahaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Konseling dan Pendidikan. 6(3). 205-2010.
Putra, D. A., 2021. Jumlah Wirausaha Indonesia Jauh di Bawah Malaysia dan Thailand. https://m.merdeka.com/uang/jumlah-wirausaha-indonesia-jauh-di-bawah-malaysia-dan-thailand.html. [Diakses pada 11 Juni 2022].
Supriadi, A., Afif, H. 2020. Membangun Pendidikan Karakter Sejak Dini. Jurnal Edupedia. 5(1): 55-56.