Efek Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mendorong kemajuan pada semua bidang, termasuk kemajuan dalam bidang teknologi informasi. Teknologi informasi pada sistem pembelajaran di sekolah bagi anak usia dini dimasa pandemi Covid-19 saat ini sangat dibutuhkan, karena proses pembelajaran yang dilakukan secara daring atau belajar dari rumah yang mengharuskan anak bergantung pada teknologi dengan menggunakan teknologi seperti misalkan smartphone. Dengan menggunakan metode penelitian berupa pendekatan kajian pustaka dengan serangkaian tindakan pengumpulan data. Penelitian ini juga menggunakan metode pendekatan kualitatif, bersifat deskriptif analisis terhadap tulisan atau kata-kata yang nampak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi informasi ini memberikan kemudahan dan kemanfaatan dalam kehidupan sehari-hari khusunya dalam proses pembelajaran pada anak usia dini. Selain memiliki manfaat positif terdapat juga dampak negatifnya. Oleh karena itu, pada saat menggunakan sebuah teknologi harus dalam pengawasan orangtua, agar anak mampu menggunakan teknologi secara tepat dan sesuai perkembangan anak
References
Jonathan dan Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lestari, S. 2018. Peran Teknologi Dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 2(2):95.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka
Setia. Mardalis. 1999. Metode Penelitian suatu Pendekatan. Jakarta: Bumi Aksara.
Nisa, L. 2020. Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. 8(1):3.
Sumarni, Titin. 2017. Peran Teknologi Terhadap Anak Usia Dini. https://www.kompasiana.com/titinijal/59e48c52a01dff1bec25a7f2/peran-teknologi-terhadap-anak-usia-dini [Diakses pada tanggal 30 November 2021]
Ulfa, S. 2016. Pemanfaatan Teknologi Bergerak Sebagai Media Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. Edcomtech. 1(1):2-6.
Widyawati. 2019. Integrasi Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Ya Bunayya.1(1):16-19.
Zaini, M., dan Soenarto. 2019. Persepsi Orangtua terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3(1):255-257.