Efek Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini

  • Nasla Sajida Irsyadillah Universitas Jember
  • Retno Imeldha Putri Universitas Jember
  • Moniqa rindri Brillian Amori Universitas Jember
  • Sonia Wati Universitas Jember
  • Safira Aliya Afriyanti Universitas Jember
  • Muhammad Haidlor Universitas Jember
  • Ahmad Afandi Universitas Jember

Abstract

Perkembangan  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  telah  mendorong  kemajuan  pada  semua bidang,  termasuk  kemajuan  dalam  bidang  teknologi  informasi.  Teknologi  informasi  pada sistem pembelajaran di sekolah bagi anak usia dini dimasa pandemi Covid-19 saat ini sangat dibutuhkan, karena   proses   pembelajaran   yang   dilakukan   secara daring atau belajar dari rumah yang mengharuskan  anak  bergantung  pada  teknologi dengan menggunakan teknologi  seperti  misalkan smartphone. Dengan  menggunakan  metode penelitian  berupa pendekatan kajian pustaka dengan serangkaian tindakan pengumpulan data. Penelitian ini juga   menggunakan   metode pendekatan  kualitatif,  bersifat  deskriptif  analisis terhadap tulisan atau kata-kata yang nampak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi informasi ini memberikan kemudahan dan kemanfaatan dalam kehidupan sehari-hari khusunya  dalam  proses  pembelajaran  pada  anak  usia dini. Selain memiliki manfaat positif terdapat juga dampak negatifnya. Oleh karena itu, pada saat menggunakan sebuah   teknologi   harus   dalam   pengawasan   orangtua, agar   anak   mampu menggunakan teknologi secara tepat dan sesuai perkembangan anak

References

Admin. 2016. Dampak Positif dan Negatif Komputer bagi Anak Usia Dini. http://tk.annajah.id/2016/09/06/dampak-positif-dan-negatif-komputer-bagi- anak-usia-dini/ [Diakses pada tanggal 30 November 2021]

Jonathan dan Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lestari, S. 2018. Peran Teknologi Dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 2(2):95.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka

Setia. Mardalis. 1999. Metode Penelitian suatu Pendekatan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nisa, L. 2020. Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. 8(1):3.

Sumarni, Titin. 2017. Peran Teknologi Terhadap Anak Usia Dini. https://www.kompasiana.com/titinijal/59e48c52a01dff1bec25a7f2/peran-teknologi-terhadap-anak-usia-dini [Diakses pada tanggal 30 November 2021]

Ulfa, S. 2016. Pemanfaatan Teknologi Bergerak Sebagai Media Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. Edcomtech. 1(1):2-6.

Widyawati. 2019. Integrasi Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Ya Bunayya.1(1):16-19.

Zaini, M., dan Soenarto. 2019. Persepsi Orangtua terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3(1):255-257.
Published
2022-06-30
How to Cite
IRSYADILLAH, Nasla Sajida et al. Efek Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. JECER (journal Of Early Childhood Education And Research), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 10-16, june 2022. ISSN 2774-2164. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/28558>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jecer.v3i1.28558.
Section
Articles