PERAN YAYASAN TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN DI TK FAFITRI KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER

  • Eka Khusnul Hayuningtias Universitas Jember
  • Misno Abdul Lathif
  • Laily Nur Aisiyah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peran Yayasan terhadap manajemen keuangan di TK Fafitri Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode penelitian observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan adanya kebijakan pembayaran SPP disesuaikan kemampuan orang tua siswa, TK Fafitri tetap dapat memenuhi seluruh kebutuhan sekolah dari berbagai sumber keuangan dan memberikan fasilitas yang sama kepada seluruh siswa. Kebijakan pembayaran SPP dapat dilaksanakan tidak lepas dari peran Yayasan Fafitri yakni memberikan pembinaan dan pengawasan terhadap manajemen keuangan sekolah. Yayasan Fafitri melakukan pembinaan dalam melakukan subsidi silang, memberikan masukan dan diskusi dalam penyusunan kegiatan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) dan program tahunan sekolah, menyediakan sarana dan prasarana, memenuhi kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan, melakukan pengadaan anggaran sekolah bersama dengan Kepala Sekolah, dan memberikan nasihat kepada pendidik dan tenaga kependidikan dalam sudut pandang agama. Pengawasan yang dilakukan Yayasan fafitri yakni memeriksa pembukuan, pembelanjaan, pengawasan kinerja Kepala Sekolah, dan pertanggungjawaban keuangan sekolah. Seluruh kebutuhan sekolah dapat terpenuhi dan terkendali karena kerja sama antara Yayasan Fafitri dengan kepala sekolah, bendahara, dan guru-guru TK Fafitri dalam mengelola  keuangan sekolah.

References

Daryanto dan Farid, M. 2013. Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Husni, K. 2015. Manajemen Perubahan Sekolah. Bandung: CV Pustaka Setia.
Munastiwi, E. 2019. Manajemen Lembaga PAUD Untuk Pengelola Pemula. Yogyakarta: CV Istana Agency.
Mustari, M. 2014. Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Prasetya, R. 2013. Yayasan Dalam Teori Dan Praktik. Jakarta: Sinar Grafika.
Sumarni. 2018. Peran dan Fungsi Yayasan Dalam Pengelolaan Pendidikan Madrasah. Jurnal Edukasi. 16(2): 218-231.
Suryana, D. dan Rizka, N. 2019. Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Akreditasi Lembaga. Jakarta: Prenadamedia Group.
Unang, C. dan Sumartini, T. 2017.Modul Program Pembinaan Karier Guru Melalui Peningkatan Kompetensi. Bandung: PPPPTK dan PLB Bandung
Published
2021-12-31
How to Cite
HAYUNINGTIAS, Eka Khusnul; LATHIF, Misno Abdul; AISIYAH, Laily Nur. PERAN YAYASAN TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN DI TK FAFITRI KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER. Journal Of Early Childhood Education And Research, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 46-54, dec. 2021. ISSN 2774-2164. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/26022>. Date accessed: 08 july 2022. doi: https://doi.org/10.19184/jecer.v2i2.26022.
Section
Articles