ANALISIS KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK AUTIS USIA 5-6 TAHUN

  • Tutut Aprilia Universitas Jember
  • Nanik Yuliati
  • Senny Weyara Dienda Saputri

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang analisis karakteristik perkembangan kognitif anak autis usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan desain penelitian desain riset kualitatif yang digunakan untuk mengetahui karakteristik perkembangan kognitif anak autis usia 5-6 tahun. Populasi dari penelitian adalah murid di TK Cahaya Nurani Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, dengan sampel sebanyak 3 anak penyandang autis. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh perbedaan karakteristik perkembangan kognitif anak autis. Perkembangan kognitif anak autis usia 5-6 tahun memiliki karakteristik yang berbeda-beda  terutama dalam cara mereka belajar. Anak yang memiliki tingkat autis yang ringan dan sedang dapat belajar dengan cara yang Sistematis (berfikir terlebih dahulu sebelum mengerjakan), tetapi daya ingat dari anak tingkat autis ringan dan sedang tersebut tidak sama. Sedangkan anak yang memiliki tingkat autis yang berat dapat belajar dengan cara yang Non-Sistematis dan Prompt (bantuan fisik dari guru). Daya ingat dari anak dengan tingkat autis yang berat ini kurang begitu baik dan jauh dari kata optimal. Anak dengan autisme kategori berat cenderung mengalihkan diri dari sumber masalah sehingga tidak menuntaskan kegiatan belajar dan perlu dibantu untuk mempertahankan fokus.

References

Atmaja, R. J. 2018. Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hubbard, A. L., Mcnealy, K., Scott-Van Zeeland, A. A., Callan, D. E., Bookheimer, S. Y., & Dapretto, M. 2012. Altered Integration of Speech and Gesture in Children with Autism Spectrum Disorders. Brain and Behavior, 2(5), 606–619. https://doi.org/10.1002/brb3.81
Indrastuti, O. 2013. Mengenal Autisme dan Penanganannya. Yogyakarta: Inti Media.
Irham, M.; Wiyani, N, A. 2013. Psikologi Pendidikan: Teori dan Aolikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mutiah, D. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
PAUD, Jateng. 2015. Pengertian Masa Usia Emas Anak Usia Dini (Golden Age). Jawa Tengah. https://www.paud.id/2015/04/pengertian-masa-usia-emas-anak-golden-age.html.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Sukmadinata, S. N. 2009. Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Published
2021-12-31
How to Cite
APRILIA, Tutut; YULIATI, Nanik; SAPUTRI, Senny Weyara Dienda. ANALISIS KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK AUTIS USIA 5-6 TAHUN. Journal Of Early Childhood Education And Research, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 37-45, dec. 2021. ISSN 2774-2164. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/18867>. Date accessed: 07 july 2022. doi: https://doi.org/10.19184/jecer.v2i2.18867.
Section
Articles