Pengembangan Media Lift The Flap Book Untuk Mengenalkan Perilaku Hidup Sehat Pada Anak Kelompok B Di TK Puri Ananda Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember
Abstract
Lift the flap book merupakan salah satu inovasi terbaru dari buku cerita. Lift the flap book dikemas dengan menyusun/menumpuk beberapa kertas, lalu mengunci salah satu sisi susunan kertas dan menyisakan sebagian kertas untuk dapat ditutup dan buka kembali. Lift the flap book sangatlah menarik karena anak menemukan gambar baru saat membuka bagian buku yang dapat dibuka dan dapat ditutup kembali, selain itu lift the flap book dapat meningkatkan daya tarik atau minat anak terhadap buku cerita. Penelitian ini dilaksanakan di TK Puri Ananda Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengenalkan perilaku hidup sehat pada anak kelompok B. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan 4-D (four D model) dikembangkan oleh Thiagrajan. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok B. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah validasi ahli, observasi, tes, angket dan dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data validasi, teknik analisis kepraktisan, dan teknik analisis keefektifan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media lift the flap book dapat digunakan untuk mengenalkan perilaku hidup sehat pada anak kelompok B di TK Puri Ananda Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
References
Dewi, K. 2017. Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96. DOI: 10.19109/ra.v1i1.1489
Essa, Eva L. 2002. Introduction to Early ChildhoodEducation 4th edition. Wadsworth Publishing. Hapsari, F.A. 2016. Perancangan Buku Edutainment Interaktif Berisi Tutorial Kegiatan Kreatif Untuk Anak Usia Prasekolah. Tugas Akhir. Yogyakarta: Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Hobri, H. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan (AplikasiPadaPenelitian Pendidikan Matematika). Jember: Pena Salsabila.
Mardhiati, R. 2013. Pesan Kesehatan: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Anak Usia Dini dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(3). DOI: 10.35952/jik.v2i3.71
Oey, F.W., Waluyanto, H.D, & Zacky, A. 2013. PerancanganBuku Interaktif Pengenalan dan Pelestarian Sugar Glider di Indonesia Bagi Anak 7-12 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna, 1(2), 1-11.
Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 66 Tahun 2014 tentang Pemantauan Pertumbuhan, Perkembangan dan Gangguan Tumbuh Kembang Anak
Rahayu, K.I. & Haryuni, S. 2013. Satuan Acara Penyuluhan Cuci Tangan 6 Langkah. Modul. Kediri: Fakultas Kesehatan Universitas Kadiri.
Rahmawati, C. & Patria, A.S. 2018. Perancangan Flap Booksebagai Sarana Pengenalan Permainan TradisionalIndonesia untuk Anak Usia 7-10 Tahun. Jurnal Seni Rupa, 06(01), 816-822.
Rochmad. 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3(1), 59-72.
Syahreni, E. 2011. Mengembangkan Perilaku Sehat Pada Anak Usia 2-4 Tahun.Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional
Strouse, G.A.,Nyhout, A. & Ganea, P.A. 2018. The Role of Book Featres in Young Childen;s Transfer of Information from Picture Book to Real-Worls Contexts. Frontiers in Psychology, 9(50), 1-14. DOI: 10.3389/fpsyg.2018.00050
Triyanto, Y. & Mustadi, A. 2019.Problem-Based Learning Models Assisted Lift the Flap Book: Enhancing Reading Motivation of 3rd Grade Student. Journal of the Education of Gifted Young Scientist, 8(1), 151-166.DOI: 10.17478/jegys.664120
Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak