Edukasi Gerakan 5M dan Gizi Seimbang di Masa Pembelajaran Tatap Muka pada Pelajar SMA Muhammadiyah 18

  • Haris Muzakir Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jl. Limau II No.3,12130, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta,Indonesia
  • Muhammad Furqon Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jl. Limau II No.3,12130, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta,Indonesia
  • Alib Birwin Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jl. Limau II No.3,12130, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta,Indonesia

Abstract

Abstract. The current Covid-19 pandemic has caused several sectors to experience difficulties in carrying out their activities. This also occurs in the education sector, where educators and students are limited in carrying out the learning process directly in the classroom. The risk of spreading can occur during face-to-face learning. PKM activities are carried out by providing counseling to tenth grade students of SMA Muhammadiyah 18 Jakarta regarding how to use masks, washing hands, maintaining distance, avoiding crowds and limiting mobility (5M) and balanced nutrition among students. Before counseling on the 5M program and balanced nutrition, tenth grade students of SMA Muhammadiyah 18 Jakarta did a pre-test. The pre-test was conducted to determine the students' initial knowledge about the 5M program and balanced nutrition. As a form of evaluation of PKM activities, a post-test was also conducted to determine the increase in knowledge from the material presented. The post-test results showed that participants experienced a good increase in knowledge, regarding social distancing by 70%, wearing masks by 74%, washing hands 84%, avoiding crowds by 89%, limiting mobility by 67% and balanced nutrition by 5%. The expected implication after holding this outreach is the students can implement measures to prevent the transmission of Covid-19, so that Covid-19 cases, especially among students, can be suppressed.


Keywords: Covid-19, 5M, Students


 


Abstrak. Pandemi Covid-19 saat ini menyebabkan beberapa sektor mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitasnya. Hal ini terjadi juga pada sektor pendidikan, dimana pendidik dan pelajar menjadi terbatas dalam menyelenggarakan proses belajar secara langsung di kelas. Risiko penyebaran dapat terjadi pada saat pembelajaran tatap muka dan para pelajar belum mengetahui metode pencegahan covid-19. Kegiatan PKM dilakukan dengan memberikan penyuluhan kepada pelajar kelas sepuluh SMA Muhammadiyah 18 Jakarta terkait gerakan Menggunakan Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan dan Membatasi Mobilitas (5M) dan gizi seimbang dikalangan pelajar. Sebelum dilakukan penyuluhan gerakan 5M dan gizi seimbang, pelajar kelas sepuluh SMA Muhammadiyah 18 Jakarta mengerjakan terlebih dahulu pre-test. Pre-test dilakukan untuk mengetahui pengetahuan awal pelajar mengenai gerakan 5M dan gizi seimbang. Sebagai bentuk evaluasi kegiatan PKM, dilakukan juga post-test untuk mengetahui peningkatan pengetahuan dari materi yang disampaikan. Hasil post-test menunjukan peserta mengalami peningkatan pengetahuan yang baik, mengenai menjaga jarak sebesar 70%, memakai masker sebesar 74%, mencuci tangan 84%, menghindari kerumunan 89%, membatasi mobilitas sebesar 67% dan gizi seimbang sebesar 5%. Implikasi yang diharapkan setelah penyelenggaraan penyuluhan ini yaitu pelajar dapat menerapkan tindakan pencegahan penularan Covid-19, sehingga kasus Covid-19, khususnya dikalangan pelajar dapat ditekan.


Kata Kunci: Covid-19, 5M, Pelajar

References

1. Pakpahan R, Fitriani Y. Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal Inf Syst Applied, Manag Account Researh). 2020;4(2):30–6.
2. Purwanto A, Pramono R, Asbari M, Santoso PB, Wijayanti LM, Choi CH, et al. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns J Educ Psychol Couns [Internet]. 2020;2(1):1–12. Available from: https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
3. Hamdi I. Distribusi Pasien Covid-19 di DKI Jakarta, Pelajar dan Mahasiswa Tertinggi [Internet]. Tempo.co. 2020 [cited 2022 Feb 11]. Available from: https://metro.tempo.co/read/1376269/distribusi-pasien-covid-19-di-dki-jakarta-pelajar-dan-mahasiswa-tertinggi
4. Goni G, Rattu JAM, Malonda NSH, Kesehatan F, Universitas M, Ratulangi S. Pengetahuan Pelajar Tentang Gizi Seimbang di Sekolah Dasar Kecamatan Tompaso (Studi Kasus SD GMIM 2 dan SD Negeri 2 Tompaso ). 2019;8(7):328–35.
5. Nopiyanto YE, Raibowo S, Sugihartono T, Yarmani Y. Pola Hidup Sehat Dengan Olahraga dan Asupan Gizi Untuk Meningkatkan Imun Tubuh Menghadapi Covid-19. Dharma Raflesia J Ilm Pengemb dan Penerapan IPTEKS. 2020;18(2):90–100.
6. Alfianur. Pengetahuan Tentang Covid 19 dan Sikap Tentang Vaksin Covid-19. J Borneo Holist Heal. 2021;4(2):146–54.
Published
2022-08-01
How to Cite
MUZAKIR, Haris; FURQON, Muhammad; BIRWIN, Alib. Edukasi Gerakan 5M dan Gizi Seimbang di Masa Pembelajaran Tatap Muka pada Pelajar SMA Muhammadiyah 18. ABDIMAYUDA: Indonesia Journal of Community Empowerment for Health, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 49-54, aug. 2022. ISSN 2962-5890. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ABDIMAYUDA/article/view/30170>. Date accessed: 26 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.19184/abdimayuda.v1i2.30170.
Section
Articles