PEMBELAJARAN RESEARCH CYCLE (SIKLUS PENELITIAN) MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC

  • Faiz Nour Rohmah Program Studi Pascasarjana Pendidikan IPA, Universitas Jember

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji kegiatan pembelajaran dari pengembangan model siklus penelitian yang dianalisis berdasarkan pendekatan saintifik. Model siklus penelitian adalah gabungan dari dua model pembelajaran yang dijadikan satu dalam kegiatan pembelajaran sebagai salah satu inovasi pembelajaran yang diharapkan menjadikan lebih efektif dan efisien. Terdapat empat tahap dalam pembelajaran siklus penelitian yaitu 1) pembangkitan minat, 2) melakukan penelitian, 3) Mengeksplorasi 4) Mengevaluasi. Kegiatan pembelajaran diterapkan pada kurikulum 2013 yang dilaksanakan sesuai dengan pendekatan saintifik. Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran melibatkan keterampilan seperti mengamati, mengklasifikasi, mengukur, meramalkan, menjelaskan, dan menyimpulkan. Untuk menunjang terlaksananya pendekatan saintifik maka diperlukan inovasi dalam pembelajaransehingga memperoleh kemajuan hasil belajar yang diinginkan. Salah satu alternatifnya yaitu mengembangkan model pembelajaran. Kajian pengembangan model siklus penelitian dianalisis berdasarkan pendekatan saintifik 5M yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan dengan menggunakan lembar kerja 3.2c instrumen pelatihan pendampingan implementasi kurikulum 2013. Dari hasil analisis didapatkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dibuat pada model pembelajaran siklus penelitian sudah sesuai dengan pendekatan saintifik.


Kata kunci: model pembelajaran siklus penelitian, pendekatansaintifik

Published
2016-05-23
How to Cite
ROHMAH, Faiz Nour. PEMBELAJARAN RESEARCH CYCLE (SIKLUS PENELITIAN) MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 673-681, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3714>. Date accessed: 28 sep. 2020.