PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DISERTAI LKS AUDIOVISUAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SMP

  • Ridi Arviansyah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember

Abstract

Model Guided Inquiry disertai LKS audiovisual merupakan proses pembelajaran  yang mengharuskan siswa untuk  menemukan  pengetahuannya sendiri dan membuat pengetahuan tersebut mudah diingat. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengkaji pengaruh model Guided inquirydisertai LKS audiovisual terhadap hasil belajar IPA siswa di SMP, (2) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar IPA siswa selama pembelajaran dengan model Guidedinquiry disertai LKS audiovisual. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan post-test only control design. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, portofolio, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisa data yang digunakan analisis diskriptif dan menggunakan Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 16. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) hasil  belajar siswa berdasarkan analisis Independent Sample T-Test diperoleh nilai sig (2-tailed)  0.524 > 0,05, (2) hasil aktivitas belajar siswa rata-rata 84,67 pada kriteria “sangat aktif”. Berdasarkan data yang diperoleh, kesimpulan yang dapat diambil adalah model pembelajaran Guided Inquiry disertai LKS audiovisual berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SMP.    

Kata kunci: : Learning Guided Inquiry Model, audiovisual student’  worksheet, students’ achievement

Published
2016-05-23
How to Cite
ARVIANSYAH, Ridi. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DISERTAI LKS AUDIOVISUAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SMP. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 398-409, may 2016. ISSN 2721-1959. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3611>. Date accessed: 24 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.