PENGARUH PENGGUNAAN THINK ALOUD PROTOCOL BERDASARKAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS X MAN 2 KOTA PROBOLINGGO
Abstract
ABSTRAK
Belajar Fisika hendaknya beranjak dan berfokus pada penguasaan konsep sebab fisika bukan tentang menghafal fakta, tetapi tentang bagaimana siswa dapat menguasai konsep baik dari segi teoritis maupun matematis. Keberhasilan siswa dalam pembelajaran fisika dapat dilihat dari seberapa besar tingkat penguasaan konsep siswa terhadap materi yang dipelajari. Hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan kurikulum 2013 yang mensyaratkan melakukan pembelajaran berbasis discovery learning. Permasalahan dalam penelitian adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan think aloud protocol berdasarkan model pembelajaran discovery learning terhadap penguasaan konsep fisika siswa? Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan disain penelitian one group pretest-posttest design dengan jumlah subjek sebanyak 15 siswa. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, diperoleh bahwa penggunaan think aloud protocol berdasarkan model pembelajaran discovery learning berpengaruh tinggi terhadap penguasaan konsep fisika siswa secara keseluruhan dengan N-gain = 0.72. Hasil wawancara juga menunjukkan bahwa think aloud protocol dapat memberikan feedback positif terhadap siswa dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran terlaksana dengan sangat baik (88.87%).
Kata kunci:fisika, discovery learning, think aloud protocol, penguasaan konsep