PELAKSANAAN PENGEMBANGAN KARIR DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI STUDI KASUS DI PUSAT PENDIDIKAN KELAUTAN DAN PERIKANAN

  • muhammad irfai muslim Institut Pertanian Bogor

Abstract

Organisasi memiliki pengaruh yang besar dalam karir anggotanya melalui fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia. Melalui manajemen dan pengembangan karir dapat membantu para pegawai untuk merealisasikan tujuan karirnya di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan diantara lain untuk: (1) Mengidentifikasi pelaksanaan pengembangan karir pada Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan. (2) Mengidentifikasi sistem peningkatan kinerja pegawai Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan. (3) Menganalisis pengaruh pengembangan karir terhadap peningkatan kinerja pada Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan. Adapun metodologi yang dipakai adalah kuantitatif dengan menggunakan regresi linier berganda, dengan variabel dependent (Kinerja) dan variabel independent (kompetensi, dan kualifikasi). Adapun data yang diambil berupa dana primer dengan menyebar kuesioner ke 35 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor kompetensi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kinerja pegawai dengan nilai thitung < nilai ttabel (-0,812 < 2,034), sedangkan faktor kualifikasi berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kinerja pegawai dengan nilai thitung > ttabel (2,472 > 2,034). Pada sisi lain, pada hasil uji simultan antara pengaruh kompetensi, kualifikasi terhadap peningkatan kinerja pegawai berpengaruh secara signifikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (5,466 > 3,284).

Kata kunci: Pengembangan karir, Kompetensi, Kualifikasi, dan Kinerja

Author Biography

muhammad irfai muslim, Institut Pertanian Bogor
Departemen Ilmu Manajemen
Published
2015-11-19
How to Cite
MUSLIM, muhammad irfai. PELAKSANAAN PENGEMBANGAN KARIR DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI STUDI KASUS DI PUSAT PENDIDIKAN KELAUTAN DAN PERIKANAN. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, [S.l.], v. 14, n. 2, nov. 2015. ISSN 2459-9816. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEAM/article/view/1586>. Date accessed: 27 sep. 2021.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.