Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik, Disiplin Kerja, dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember

  • Reilla Dwantara Sukma
  • Diana Sulianti K Tobing
  • Sudarsih Sudarsih Universitas Jember
  • Almas Farah Dinna Dewi
  • Nyoman Gede Krishnabudi
  • Tatok Endhiarto

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember merupakan instansi pemerintah yang bertugas dalam pembuatan administrasi di bidang kependudukan dan pencatatan sipil dan tugas lainnya yang diberikan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya di wilayah Jember untuk pelayanan dalam mengurus berbagai persuratan seperti membuat surat akta lahir atau akta kelahiran, surat dokumen kependudukan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis apakah Lingkungsn Kerja Non Fisik, Disiplin Kerja dan Budaya Organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Dispenduk secara persial. Jumlah sampel dalam penelitian ini enggunakan seluruh populasi sebanyak 82 pegawai. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuisioner yang telah disebarkan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan lingkungan kerja non fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, disiplin kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember.

Published
2024-06-19
How to Cite
SUKMA, Reilla Dwantara et al. Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik, Disiplin Kerja, dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. VALUE: Journal of Business Studies, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 32-47, june 2024. ISSN 2830-6066. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/value/article/view/47958>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.19184/value.v3i1.47958.