KESIAPAN PERUBAHAN DALAM MENERAPKAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA GURU-GURU SMA

  • Kustini Kustini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Muhammad Habibi A Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara self-efficacy dan kepemimpinan
transformasional terhadap kesiapan perubahan pada guru di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan
– Sidoarjo pada tahun 2018. SMA Muhammadiyah 3 Tulangan – Sidoarjo merupakan SMA
swasta unggulan naungan Persyarikatan Muhammadiyah. Penerapan Teknologi Informasi (TI)
sangat menunjang SMA Muhammadiyah 3 Tulangan – Sidoarjo dalam menjalankan kurikulum
2013. Perubahan dalam berinovasi dibutuhkan untuk menjaga keunggulan kompetitif sekolah,
keberhasilan harus diiringi dengan kesiapan perubahan. Keyakinan diri terhadap keberhasilan
(self-efficacy) tentunya diperlukan terhadap kesiapkan setiap individu untuk berubah,
disamping factor dalam diri individu factor dari luar yaitu kepemimpinan juga memperngaruhi
individu dalam perubahanPopulasi dari penelitian adalah sebanyak 45 guru tetap, Sampel yang
digunakan adalah sampel jenuh yaitu sebanyak 45 responden. Teknik pengujian data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah PLS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa selfefficacy
para guru yang baik dan tinggi dapat meningkatkan tingkat kesiapan perubahan para
guru di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan – Sidoarjo. Hasil selanjutnya menunjukkan bahwa
kepemimpinan transformasional kepala sekolah dapat memberikan kontribusi terhadap
kesiapan perubahan para guru di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan - Sidoarjo.
Kata kunci: Kepemimpinan Transformasional, teknologi informasi, Kesiapan Perubahan,
Self- Efficacy

Published
2018-12-11
How to Cite
KUSTINI, Kustini; HABIBI A, Muhammad. KESIAPAN PERUBAHAN DALAM MENERAPKAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA GURU-GURU SMA. UNEJ e-Proceeding, [S.l.], dec. 2018. ISSN 0000-0000. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9168>. Date accessed: 21 jan. 2019.