PERSEPSI DAN PERILAKU SOSIAL PETANI TEBU TERHADAP PENENTUAN RENDEMEN TEBU (Studi Kasus: Petani Tebu PTPN XI PG Asembagus Di Kabupaten Situbondo)

  • Rifqiyatus Zakiyatun Nikmah Rizal Universitas Jember
  • Sofia Sofia Universitas Jember

Abstract

Sub sektor perkebunan merupakan salah satu sub sektor pertanian yang memiliki peluang menyumbang devisa negara. Tanaman tebu merupakan salah satu tanaman yang tergolong dalam sub sektor perkebunan. Tanaman tebu merupakan bahan baku industry gula. Jumlah produksi gula dapat diketahui melalui perhitungan nilai rendemen tebu. Menurut peraturan yang ada proses penentuan rendemen tebu yang dilakukan oleh PTPN XI PG Asembagus dilaksanakan secara transparan, namun dalam prakteknya petani kurang dilibatkan dalam proses penentuan rendemen tebu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi petani tebu terhadap penentuan rendemen tebu, (2) perilaku sosial petani tebu mengenai penentuan rendemen tebu. Penentuan daerah penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penentuan informan dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. metode pengumpulan data yang digunakan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang menggunakan metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini yaitu (1) persepsi petani tebu terhadap penentuan rendemen tebu yang dilakukan oleh PTPN XI PG Asembagus dipengaruhi oleh 2 faktor yakni faktor structural adanya manipulasi nilai rendemen tebu dan nilai rendemen tebu tidak sesuai dengan kualitas tebu yang digiling, berdasarkan faktor fungsional yaitu seringkali terjadi kesalahan dalam penentuan rendemen tebu, petani tidak terlibat dalam penentuan rendemen tebu dan kurangnya kepercayaan petani terhadap petugas penentu rendemen tebu atau PG. (2) persepsi merupakan suatu pemikiran yang mendasari niat seseorang untuk berperilaku. Perilaku sosial petani tebu menanggapi penentuan rendemen tebu secara positif dengan meningkatkan kualitas budidaya dan perilaku petani secara negative menanggapi penentuan rendemen tebu yaitu melakukan manipulasi tebu, complain, pasrah dan bersikap apatis terhadap PG.

Published
2019-05-05
How to Cite
RIZAL, Rifqiyatus Zakiyatun Nikmah; SOFIA, Sofia. PERSEPSI DAN PERILAKU SOSIAL PETANI TEBU TERHADAP PENENTUAN RENDEMEN TEBU (Studi Kasus: Petani Tebu PTPN XI PG Asembagus Di Kabupaten Situbondo). UNEJ e-Proceeding, [S.l.], may 2019. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9026>. Date accessed: 20 apr. 2024.