EFEKTIVITAS KINERJA PROGRAM PENYEDIAAN SARANA PRASARANA PERMUKIMAN (STUDI KASUS: PROGRAM PENATAAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN BERBASIS KOMUNITAS KELURAHAN KARANGWARU KECAMATAN TEGALREJO KOTA YOGYAKARTA)

  • Yanuar Kusuma Wardani
  • Yori Herwangi
  • Ahmad Sarwadi

Abstract

Perkembangan permukiman kumuh perkotaan terjadi akibat kurangnya akses layanan sarana dan prasarana lingkungan. Bentuk peran pemerintah dalam pemberantasan permukiman kumuh ialah dengan mencanangkan Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) yang melibatkan pemerintah, kelembagaan, dan masyarakat. Program PLPBK ditekankan kepada perubahan perilaku masyarakat dalam menciptakan lingkungan hunian yang layak huni dengan pembangunan fisik sebagai media belajar masyarakat dalam memecahkan permasalahan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas Program PLPBK berdasarkan kinerja output, outcome, dan impact. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah pendekatan deduktif dan metode analisis kuantitatif dengan alat analisis statistik deskriptif. Konsep evaluasi dari efektivitas program PLPBK menggunakan konsep evaluasi sumatif. Data penelitian yang digunakan berasal dari observasi lapangan, kuesioner, dan wawancara terhadap informan (tokoh kunci) yang mengetahui pelaksanaan program PLPBK. Unit amatan penelitian yaitu pelaksanaan program PLPBK di Kelurahan Karangwaru Kota Yogyakarta dengan unit analisinya pelaku dalam program PLPBK Kelurahan Karangwaru Kota Yogyakarta. Sampel responden yang digunakan dalam penelitian sejumah 96 KK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan tingkat efektivitas kinerja Program PLPBK Kelurahan Karangwaru sudah efektif. Semua kinerja mencakup kinerja output, kinerja outcome, maupun kinerja impact sudah efektif. Kinerja yang telah efektif menunjukkan bahwa tujuan dan sasaran dari Program PLPBK di Kelurahan Karangwaru sudah tercapai.

Published
2018-01-22
How to Cite
WARDANI, Yanuar Kusuma; HERWANGI, Yori; SARWADI, Ahmad. EFEKTIVITAS KINERJA PROGRAM PENYEDIAAN SARANA PRASARANA PERMUKIMAN (STUDI KASUS: PROGRAM PENATAAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN BERBASIS KOMUNITAS KELURAHAN KARANGWARU KECAMATAN TEGALREJO KOTA YOGYAKARTA). UNEJ e-Proceeding, [S.l.], p. 561-574, jan. 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/6720>. Date accessed: 19 apr. 2024.