ANALISIS PENGARUH PDRB, INFLASI, NILAI KURS, DAN TENAGA KERJA TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PADA KABUPATEN CILACAP, BANYUMAS, PURBALINGGA, KEBUMEN DAN PURWOREJO

  • Mispiyanti Mispiyanti
  • Ika Neni Kristanti

Abstract

Pajak berfungsi untuk mengurangi ketidaksetaraan di antara penduduk karena pengeluaran pemerintah yang substansial untuk pembiayaan negara salah satu sumbernya adalah dari pendapatan pajak. Banyak faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya penerimaan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial apakah PDB, inflasi, nilai tukar rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat dan tenaga kerja berpengaruh positif terhadap penerimaan pajak dan juga untuk mengetahui apakah PDRB, inflasi, nilai tukar rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat dan tenaga kerja berpengaruh simultan secara positif terhadap penerimaan pajak. Penelitian ini menggunakan data realisasi penerimaan pajak, data PDB, data inflasi, dan data ketenagakerjaan di Kabupaten Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Kebumen, Purworejo serta data nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial PDRB dan tenaga kerja berpengaruh positif terhadap penerimaan pajak sedangkan inflasi dan nilai tukar rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat tidak berpengaruh positif terhadap penerimaan pajak. Secara simultan variabel PDRB, inflasi, nilai tukar dan tenaga kerja, signifikan dalam mempengaruhi variabel penerimaan pajak.

Published
2018-01-22
How to Cite
MISPIYANTI, Mispiyanti; KRISTANTI, Ika Neni. ANALISIS PENGARUH PDRB, INFLASI, NILAI KURS, DAN TENAGA KERJA TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PADA KABUPATEN CILACAP, BANYUMAS, PURBALINGGA, KEBUMEN DAN PURWOREJO. UNEJ e-Proceeding, [S.l.], p. 219-233, jan. 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/6710>. Date accessed: 26 apr. 2024.