KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI PENUNJANG PRESTASI KERJA

  • Niar Pudyo Utami
  • Sri Rahayu Wilujeng
  • Kania Ayu

Abstract

Kinerja karyawan yang baik tentunya merupakan harapan semua perusahaan dan institusi, karena pada akhirnya kinerja karyawan diharapkan dapat meningkatkan kinerja perusahaan secara global. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui emotional intelegence sebagai penunjang prestasi kerja karyawan. implikasi kemampuan emosional adalah kesadaran diri dan manajemen diri (kepekaan sosial) dan ketrampilan sosial (keterampilan sosial) berperan penting dalam sekaligus kinerja simultan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana emotional intelegence sebagai penunjang prestasi kerja karyawan. Metode penelitian yang di gunakan kuantitatif.  Dalam penelitian ini akan menggunakan Alat analisis yang digunakan untuk menguji model tersebut dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan program AMOS versi 6.0.Pengujian goodness of fit model dilakukan sebelum pengujian hipotesis penelitian. Kecerdasan emosional mengandung aspek-aspek yang sangat penting yang dibutuhkan dalam menunjang prestasi bekerja. Seperti kemampuan memotivasi diri sendiri, mengendalikan emosi, mengenali emosi orang lain, mengatasi frustasi, mengatur suasana hati, dan faktor-faktor penting lainnya. Jika aspek-aspek tersebut dapat dimiliki dengan baik oleh setiap karyawan dalam bekerja, maka akan membantu mewujudkan kinerja yang baik. Dengan demikian dapat terlihat jelas bahwa kecerdasan emosional menjadi salah satu faktor penunjang prestasi kinerja.

Published
2018-01-22
How to Cite
UTAMI, Niar Pudyo; WILUJENG, Sri Rahayu; AYU, Kania. KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI PENUNJANG PRESTASI KERJA. UNEJ e-Proceeding, [S.l.], p. 486-489, jan. 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/6703>. Date accessed: 29 mar. 2024.