KAJIAN STUDI STRATEGI BERSAING MENUJU GOOD GOVERNANCE PERGURUAN TINGGI “X” PADA ERA GLOBALISASI MENUJU ABAD MILLENIUM DI KABUPATEN JEMBER

  • Yani Dahliani

Abstract

Globalizm dan Asean Economic Community merupakan momen penting dalam perdagangan bebas kawasan Asia di era milenium dua puluhan dua abad. Bukan hanya di sektor ekonomi, tapi sektor pendidikan juga harus ikut mempersiapkan tata pemerintahan dan sumber daya manusia yang baik. Karena lembaga pendidikan merupakan salah satu penyedia sumber daya manusia yang berkualitas dalam menghadapi era tersebut, tidak mengherankan bahwa mereka harus meningkatkan atribut dan layanan pendidikan mereka untuk memuaskan pelanggan mereka. Mereka harus mengatur kurikulum, fasilitas, dan urusan kolaboratif mereka, terutama dengan institusi luar negeri. Penelitian ini dilakukan di salah satu institusi pendidikan di Jember, Jawa Timur. Itu adalah kombinasi antara penelitian eksploratif dan deskriptif dan jumlah responden sekitar 115 responden. Penelitian ini menggunakan Spektrum Korelasi Spearman,. (IPA), dan Metode Penelitian Pentingnya Grid (IPG) sebagai model dan metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara Rank Penting dan Peringkat Kinerja yang rendah, yaitu 0,385. Analisis Kinerja Penting dengan menggunakan Diagram Cartesius menunjukkan bahwa Reliabilitas pada Leverage / Atribut Tinggi untuk De-emphasis, Responsiveness, Empathy, dan Tangible berada pada Prioritas / Atribut Rendah untuk Menjaga, dan Menjamin untuk Menjaga Kinerja.

Published
2018-01-22
How to Cite
DAHLIANI, Yani. KAJIAN STUDI STRATEGI BERSAING MENUJU GOOD GOVERNANCE PERGURUAN TINGGI “X” PADA ERA GLOBALISASI MENUJU ABAD MILLENIUM DI KABUPATEN JEMBER. UNEJ e-Proceeding, [S.l.], p. 421-425, jan. 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/6690>. Date accessed: 29 mar. 2024.