TRANSPARANSI SISA HASIL USAHA BUMDes DALAM PERSPEKTIF AKUNTANSI SYARI’AH SEBAGAI STRATEGI DESA GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN DESA (Studi Kasus pada BUMDes “Jaya Lestari” Desa Jatinom, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar)

  • Sukma Uli Nuha
  • Endah Masrunik

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan menguak transparansi SHU BUMDes “Jaya Lestari” dalam perspektif akuntansi syari’ah. Didalam penelitian ini dipaparkan bahwa pemerintah didalam mensejahterakan masyarakat harus mempunyai strategi khusus untuk menggapai kesejahteraan tersebut. Selain itu didalam menyusun laporan harus transparan, sehingga pihak yang membutuhkan informasi memperoleh apa yang diinginkannya. Strategi pada BUMDes “Jaya Lestari” yaitu melalui kerja sama dengan PT Jatinom Indah Agri, dengan menginvestasikan dana yang dimilikinya dan memperoleh Sisa Hasil Usaha (SHU). Menurut pandangan Akuntansi Syari’ah, strategi disini disebut Mudharabah yang artinya akad kerja sama antara dua belah pihak (penyedia modal dan pengelola modal). Dari uraian diatas dapat diketahui bahwa melalui akad mudharabah akan membantu pemerintah dalam meningkatkan pendapatan. Dengan meningkatnya pendapatan tersebut, tentunya juga akan membantu mensejahterakan masyarakat.

Published
2018-01-22
How to Cite
NUHA, Sukma Uli; MASRUNIK, Endah. TRANSPARANSI SISA HASIL USAHA BUMDes DALAM PERSPEKTIF AKUNTANSI SYARI’AH SEBAGAI STRATEGI DESA GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN DESA (Studi Kasus pada BUMDes “Jaya Lestari” Desa Jatinom, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar). UNEJ e-Proceeding, [S.l.], p. 52-57, jan. 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/6669>. Date accessed: 20 apr. 2024.