PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PENGURUS PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL JAUHAR SUMBERSARI JEMBER

  • Mochamad Arif Fanani
  • Imam Abrori
  • Nur Imron Rosyadi

Abstract

Penelitian dengan judul pengaruh budaya organisasi dan gaya kepemimpinan terhadap komitmen organisasi pengurus pada Pondok Pesantren Mahasiswa Al Jauhar Sumbersari Jember bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi dan gaya kepemimpinan terhadap komitmen organisasi pengurus pondok pesantren Al Jauhar Sumbersasri Jember secara simultan dan parsial. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 37 orang dengan teknik pengambilan sampel populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuisioner, wawancara, dan studi pustaka. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linier berganda, uji multikolonieritas, uji Heteroskedastisitas, Uji T, Uji F dan Uji Koefisien Determinasi, dan Uji Kuadran. Dari hasil analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji t menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel budaya organisasi terhadap komitmen organisasi pengurus dan hasil uji t menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel gaya kepemimpinan terhadap komitmen organisasi pengurus. Hasil analisis regresi linier berganda denga menggunakan uji f menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel budaya organisasi dan gaya kepemimpinan terhadap komitmen organisasi pengurus.

Published
2018-01-22
How to Cite
FANANI, Mochamad Arif; ABRORI, Imam; ROSYADI, Nur Imron. PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PENGURUS PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL JAUHAR SUMBERSARI JEMBER. UNEJ e-Proceeding, [S.l.], p. 326-338, jan. 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/6667>. Date accessed: 29 mar. 2024.