SISTEM TANGGUNG RENTENG SEBAGAI STRATEGI PEMBIAYAAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA BUMDES YANG BANKABLE PADA MASYARAKAT DESA (Studi Fenomenologi Pada Laporan Keuangan BUMDES Cipta Karya Desa Ngeni Kabupaten Blitar Per Agustus 2016 – Agustus 2017)

  • Arif Wahyudi
  • Fepna Rustantia

Abstract

Kinerja merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang keberhasilan dan perkembangan suatu agensi atau organisasi. Seperti halnya dengan badan usaha milik desa dari karya berhak cipta yang menerapkan sistem tanggung jawab bersama sebagai strategi untuk meningkatkan kinerja dalam bisnis pembiayaan. Sistem tanggung jawab bersama adalah sistem saling membantu dalam mengasumsikan kewajiban. Sistem tanggung jawab bersama menjunjung tinggi nilai rasa kebersamaan dan saling percaya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan sistem tanggung jawab bersama dalam meminimalkan risiko kredit bermasalah (non performing loan / NPL) dalam bisnis pembiayaan BUMDES Cipta Karya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metodologi kualitatif dengan pendekatan fenomologi. Dimana peneliti melakukan investigasi dengan menggambarkan fenomena pada objek berdasarkan fakta bahwa kolam seperti itu. Objek dalam penelitian ini adalah laporan keuangan badan usaha desa pada periode 2016 - Agustus 2017. Penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data teknis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan diakhiri dengan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang seimbang antara kinerja manajerial, kinerja kelompok dan kinerja organisasi. di mana ia dapat mendukung pengembangan dan kemajuan usaha karya cipta usaha bisnis desa tersebut. Namun, dalam kinerja keuangan sistem tanggung jawab bersama belum berhasil memperbaiki kinerja keuangan.

Published
2018-01-22
How to Cite
WAHYUDI, Arif; RUSTANTIA, Fepna. SISTEM TANGGUNG RENTENG SEBAGAI STRATEGI PEMBIAYAAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA BUMDES YANG BANKABLE PADA MASYARAKAT DESA (Studi Fenomenologi Pada Laporan Keuangan BUMDES Cipta Karya Desa Ngeni Kabupaten Blitar Per Agustus 2016 – Agustus 2017). UNEJ e-Proceeding, [S.l.], p. 35-40, jan. 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/6663>. Date accessed: 19 apr. 2024.