AKUNTABILITAS APBDES SEBAGAI PENENTU TINGKAT KREDIBILITAS APARATUR DESA (Studi Kasus di Kantor Desa Mandesan Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar Tahun Anggaran 2016 )

  • Henny Indarriyanti
  • Vivi Eka Setyawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akuntabilitas Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa pada aparatur desa Mandesan dalam menentukkan tingkat kredibilitas yang dimiliki melalui pengelolaan keuangan desa. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, serta menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan. Dengan model analisis interaktif untuk menganalisis data yang diperoleh. Studi menemukan bahwa tingkat kredibilitas aparatur desa Mandesan dapat dinilai melalui pertanggungjawaban dalam mengelola keuangan secara optimal. Dengan diterapkannya asas pengelolaan keuangan yang mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri No.113 Tahun 2014, dan adanya kejelasan sasaran anggaran yang berorientasi pada masyarakat dengan ketercapaian realisasi yang mendekati nilai anggarannya. Serta terjadi upaya melakukan peningkatan kualitas aparatur desa melalui pemantapan administrasi keuangan secara konsisten, akuntabel dan transparan.

Published
2018-01-22
How to Cite
INDARRIYANTI, Henny; SETYAWATI, Vivi Eka. AKUNTABILITAS APBDES SEBAGAI PENENTU TINGKAT KREDIBILITAS APARATUR DESA (Studi Kasus di Kantor Desa Mandesan Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar Tahun Anggaran 2016 ). UNEJ e-Proceeding, [S.l.], p. 22-34, jan. 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/6661>. Date accessed: 29 mar. 2024.