EVALUASI PENGENDALIAN INPUT SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERKOMPUTERISASI PROGRAM SEVENTHSOFT PADA KOPERASI PT.TELKOM (KOPEGTEL) CAMAR JEMBER

  • Labitsta Untsa Afnany

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengendalian intern yang dilaksanakan pada KOPEGTEL Camar Jember apakah sudah berjalan sesuai dengan sistem pengendalian intern yang berlaku saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, menggunakan data sekunder. Metode ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan penelaahan dokumen sehingga ada kontak langsung antara peneliti dan subjek penelitian. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pengendalian intern pada KOPEGTEL Camar Jember belum sepenuhnya bejalan sesuai dengan ketentuan yang  berlaku. Hal ini  disebabkan karena prosedur yang digunakan masih belum dilaksanakan dengan baik. Tidak hanya itu, ketika pengendalian intern yang diterapkan masih lemah, maka keandalan informasi yang disajikan dalam laporan keuangan akan diragukan.

Published
2018-01-22
How to Cite
AFNANY, Labitsta Untsa. EVALUASI PENGENDALIAN INPUT SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERKOMPUTERISASI PROGRAM SEVENTHSOFT PADA KOPERASI PT.TELKOM (KOPEGTEL) CAMAR JEMBER. UNEJ e-Proceeding, [S.l.], p. 12-21, jan. 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/6653>. Date accessed: 19 apr. 2024.