STRATEGI MENINGKATKAN DAYA LITERASI MELALUI INDUSTRI MUSIK: KORELASI KEKUATAN LIRIK PUITIS DENGAN LAGU KARYA FIERSA BESARI DI PANGGUNG MUSIK

  • Dewi Lestari Putri Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember
  • Nike Lutfi Alfiah Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember
  • Wiviano Rizky Tantowi Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember

Abstract

Harus diakui, angka literasi di Indonesia cukup rendah. Berbagai masalah klasik yang sering terjadi adalah kurangnya akses bacaan ke pelosok Indonesia. Selain itu, literasi dianggap sesuatu hal yang cukup sulit untuk dipahami. Bahasa cenderung berat dan asing. Padahal, tidak semua yang berbau literasi distigma untuk golongan tertentu. Sedangkan, di satu sisi musik adalah industri yang paling banyak peminatnya. Pemasukan dari musik bisa menyentuh angka miliaran. Alih-alih karena ketimpangan dua objek yang bertentangan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi meningkatkan daya literasi melalui industri musik. Memastikan korelasi kekuatan lirik yang dibuat Fiersa Besari selaku seniman multitalenta yang bergelut di bidang literasi dan musik. Data diperoleh dari studi pustaka. Interpretasi data menggunakan konsep ekonomi kreatif. Hasil penelitian menunjukkan strategi untuk meningkatkan daya literasi cukup ampuh jika dikolaborasikan dengan industri musik. Strategi tersebut cukup untuk memberantas angka literasi yang rendah menjadi tinggi. Hal tersebut bukti bahwa Indonesia juga berwawasan luas.
Kata kunci: literasi, industri musik, fiersa besari, lirik puitis dan lagu

Published
2020-10-01
How to Cite
PUTRI, Dewi Lestari; ALFIAH, Nike Lutfi; TANTOWI, Wiviano Rizky. STRATEGI MENINGKATKAN DAYA LITERASI MELALUI INDUSTRI MUSIK: KORELASI KEKUATAN LIRIK PUITIS DENGAN LAGU KARYA FIERSA BESARI DI PANGGUNG MUSIK. UNEJ e-Proceeding, [S.l.], p. 529-536, oct. 2020. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/20015>. Date accessed: 25 apr. 2024.