MY LIFE MY ADVENTURE: BAHASA IKLAN PARIWISATA DI ERA DISRUPSI

  • Sudartomo Macaryus FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Yoga Pradana Wicaksono FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Anselmus Sudirman FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Akbar Al Masjid FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Abstract

Artikel ini bertujuan menjelaskan potensi wacana iklan rokok Djarum Super episode My Life My Anventure sebagai media promosi wisata alam Indonesia. Artikel ini menggunakan sumber data tayangan iklan yang diperoleh dari kanal youtube https://www.youtube.com/watch?v=Mmyo58Ncjto. Sumber data cenderung didominasi teks visual/nonverbal. Data verbal diperoleh dengan menggunakan teknik simak dan catat, sedangkan data visual diperoleh melalui observasi dan penyimpanan dengan menggunakan fasilitas screen shot. Analisis data dilakukan dengan memanfaatkan teori wacana multimodal yang membedakan adanya teks verbal dan teks visual. Interpretasi data dilakukan dengan memperhitungkan hubungan antardata secara keseluruhan untuk mendapatkan simpulan secara komprehensif. Hasil analisis menunjukkan bahwa tayangan wacana visual iklan rokok Djarum Super menyajikan informasi mengenai lingkungan alam tumbuh-tumbuhan, gua vertikal, sungai, ruang dasar bumi, dan cahaya matahari. Dari segi oleh raga, Gua Jomblang menawarkan olah raga turun tebing, skateboard, dan arung sungai. Semua kegiatan olahraga tersebut sekaligus dilakukan dengan menikmati keindahan destinasi wisata bawah tanah yang memesona dan eksotik. Tayangan visual potensi wisata alam Gua Jomblang menjadi salah satu inspirator pemirsa untuk melakukan perjalanan wisata ke lokasi tersebut. Informasi yang didominasi wacana visual berpotensi menjadi media informasi kepada wisatawan domestik dan asing.
Kata kunci: alam, iklan, teks verbal, teks visual

Published
2020-10-01
How to Cite
MACARYUS, Sudartomo et al. MY LIFE MY ADVENTURE: BAHASA IKLAN PARIWISATA DI ERA DISRUPSI. UNEJ e-Proceeding, [S.l.], p. 288-303, oct. 2020. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/19992>. Date accessed: 21 dec. 2024.