PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN OPERASI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS (SISWA KELAS V SDN BITING 02 ARJASA)

  • U Ustatik

Abstract

Abstrak. Keberhasilan proses pembelajaran tidak terlepas dari kemampuan guru menerapkan model-model pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan keterlibatan siswa secara efektif di dalam proses pembelajaran. Hasil observasi dan wawancara awal di kelas V SDN Biting 02 Arjasa, diperoleh bahwa tingkat pemahaman siswa tentang materi pokok Perkalian dan Pembagian masih rendah, pembelajaran yang dilaksanakan masih didominasi dengan pembelajaran yang konvensional. Masalah tersebut diatasi dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki kondisi pembelajaran matematika. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil  belajar matematika pokok bahasan Perkalian dan Pembagian

 

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif; Think Pair Share (TPS); hasil belajar; penelitian tindakan kelas.


Published
2017-01-03
How to Cite
USTATIK, U. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN OPERASI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS (SISWA KELAS V SDN BITING 02 ARJASA). Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 1-10, jan. 2017. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/3765>. Date accessed: 19 oct. 2017.
Section
Articles