%A Ustatik, U %D 2017 %T PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN OPERASI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS (SISWA KELAS V SDN BITING 02 ARJASA) %K %X Abstrak.   Keberhasilan proses pembelajaran tidak terlepas dari kemampuan guru menerapkan model-model pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan keterlibatan siswa secara efektif di dalam proses pembelajaran . Hasil  observasi dan wawancara awal  di kelas V SDN Biting 02 Arjasa , diperoleh bahwa tingkat pemahaman siswa tentang materi pokok  P erkalian dan  P embagian masih rendah, pembelajaran yang dilaksanakan masih didominasi dengan pembelajaran yang  konvensional. Masalah tersebut diatasi dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki kondisi pembelajaran matematika. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa m odel pembelajaran kooperatif tipe TPS  dapat meningkatkan  hasil   belajar  matematika pokok bahasan Perkalian dan Pembagian   Kata Kunci :   Model pembelajaran kooperatif; Think Pair Share (TPS); hasil belajar; penelitian tindakan kelas. %U https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/3765 %J Pancaran Pendidikan %0 Journal Article %P 1-10%V 5 %N 4 %@ 0852601X %8 2017-01-03