Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Linier Ditinjau Dari Gaya Kognitif
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dalam menyelesaikan masalah aljabar linier ditinjau dari gaya kognitif. Gaya kognitif yang dimaksud pada penelitian ini adalah gaya kognitif field dependent (FD) dan field independent (FI). Langkah yang digunakan dalam menyelesaikan masalah ini yaitu dengan menggunakan Langkah Polya dengan melalui empat tahap, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan perencanaan penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan subjek dalam penelitian ini yaitu berdasarkan skor hasil tes Group Embedded Figures Test (GEFT) untuk mengetahui gaya kognitif mahasiswa dan hasil tes pemecahan masalah untuk melihat kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah satu subjek memiliki gaya kognitif field dependent (SFD) dan satu subjek memiliki gaya kognitif field independent (SFI). Hasil penelitian ini adalah SFI dapat memenuhi keempat langkah pemecahan masalah yaitu dengan memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali hasil jawaban yang diperoleh dari masalah yang diberikan dengan baik. Sedangkan untuk SFD masih kurang lengkap dalam memahami masalah dan merencanakan penyelesaian masalah sehingga mengakibatkan kurang lengkap pula penyelesaian masalah yang diberikan. SFD juga tidak memeriksa kembali hasil akhir yang diperoleh.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.