Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri

  • Muhamad Zainudin Universitas Musamus Merauke
  • Irmawaty Natsir
  • Darmo Darmo

Abstract

Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa di MTs Al-Munawwaroh Merauke melalui pembelajaran inkuiri. Tiga siswa dengan tingkat kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dipilih untuk menjadi subjek penelitian dengan menggunakan metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari soal tes yang dirancang berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis serta panduan wawancara. Hasil penelitian diperoleh: subjek dengan kemampuan tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis tinggi, subjek dapat menyatakan permasalahan dalam bentuk model matematika, dan mampu menyelesaikan permasalahan dengan tahapan yang benar, tetapi karena terburu-buru subjek lupa menuliskan kesimpulan di akhir pekerjaanya. Subjek berkemampuan sedang memiliki kemampuan komunikasi matematis yang tinggi, subjek dapat menyatakan permasalahan dalam bentuk model matematika dan mampu menyelesaikan masalah dengan tahapan runtut dan benar. Selain itu subjek mampu menuliskan kesimpulan jawaban akhir. Subjek dengan kemampuan rendah memiliki kemampuan matematis rendah, subjek belum dapat menyatakan permasalahan dalam bentuk matematis sehingga cata subjek menyelesaikan masalah tidak runtut dan jawaban yang dihasilkan kurang tepat, subjek juga tidak menuliskan kesimpulan jawaban di akhir.

Published
2023-08-31
How to Cite
ZAINUDIN, Muhamad; NATSIR, Irmawaty; DARMO, Darmo. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri. Kadikma, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 80-89, aug. 2023. ISSN 2686-3243. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/42391>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/kdma.v14i2.42391.
Section
Articles