PROSES BERPIKIR PEMECAHAN MASALAH SISWA HATYAIWITTAYALAISOMBOONKULKANYA SCHOOL THAILAND DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT TIPE CLIMBERS

  • Alfiyah Chusnul Hidayah Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Sudarti Sudarti Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Ruslan Je-arong Hatyaiwittayalaisomboonkulkanya

Abstract

Pembelajaran fisika bertujuan sebagai sarana utuk mengembangkan kemampuan berpikir analisis induktif dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip fisika untuk menjelaskan berbagai fenomena alam yang terjadi dan menyelesaikan permasalahan secara kualitatif maupun kuantitatif. Belajar fisika berarti mempelajari alam untuk memecahkan berbagai permasalahan alam yang terjadi. Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dapat digunakan untuk melihat proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini membahas tentang proses berpikir siswa mathayyom 3/2 Hatyaiwittayalai Somboonkulkanya School Thailand dalam memecahkan masalah pemanasan global berdasarkan langkah-langkah Polya ditinjau dari Adversity Qoutient (AQ) tipe climber. Penelitian ini merupakan peneitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes tulis dan wawancara. Teknik keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi metode dan menggunakan bahan referensi. Teknik analisis data yang digunakan adalah konsep Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa tipe climber melakukan proses berpikir asimilasi pada tahap memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai dengan pernecanaan, dan memeriksa kembali penyelesaian yang telah diberikan.

Published
2019-01-09
How to Cite
HIDAYAH, Alfiyah Chusnul; SUDARTI, Sudarti; JE-ARONG, Ruslan. PROSES BERPIKIR PEMECAHAN MASALAH SISWA HATYAIWITTAYALAISOMBOONKULKANYA SCHOOL THAILAND DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT TIPE CLIMBERS. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 252-256, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9431>. Date accessed: 18 june 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.