PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DISERTAI SIMULASI PhET TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai Simulasi PhET terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA dengan jalan menguji perbedaan nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis pada dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan program uji statistik SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 22. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian post-test only control group design, dan analisis data yang digunakan adalah uji statistik independent sample t-test. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan nilai post-test setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai Simulasi PhET. Penelitian ini dilakukan di kelas XII MIPA di SMA Negeri Pakusari dengan jumlah responden 32 siswa pada kelas kontrol dan 34 pada kelas eksperimen. Hasil dari penelitian ini adalah nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol sebesar 62,28 dan pada kelas eksperimen sebesar 71,22. Nilai signifikansi 1-tailed dari uji statistik independent sample t-test sebesar 0,0005, nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga menurut pedoman dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai Simulasi PhET berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA.