ANALISIS KESALAHAN SISWA MENGERJAKAN SOAL UN MATERI RANGKAIAN ARUS LISTRIK SEARAH MENGGUNAKAN METODE POLYA

  • Denintya Sari Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Sudarti Sudarti Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Singgih Bektiarso Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kesalahan siswa dalam mengerjakan soal UN Fisika pada materi rangkaian arus listrik searah dan menganalisis korelasi setiap tahapan dari model polya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Observasi, tes, dan dokumentasi dilakukan menggunakan teknik purpose sampling pada siswa kelas XII MIPA MAN 1 Jember pada tahun ajaran 2018/2019 semester ganjil. Instrumen tes yang digunakan adalah soal tes yang diambil dari soal UN Fisika pada tahun-tahun sebelumnya yang berjumlah 1 butir soal dengan berdasar terhadap empat indikator penyelesaian masalah menurut polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali jawaban. Dari hasil tes yang dilakukan tersebut maka dapat diketahui presentase kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam mengerjakan soal. dari hasil tes menggunakan tahapan polya diketahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa antara lain kesalahan pada pemahaman soal yang berupa kesalahan dalam menuliskan yang diketahui dan ditanyakan dari soal, kesalahan pada penyusunan strategi penyelesaian yang berupa kesalahan dalam menentukan langkah dan rumus yang akan digunakan, kesalahan pada pelaksanaan strategi yang berupa kesalahan dalam pengoperasian, dan kesalahan pada pengecekkan kembali jawaban. Selanjutnya hasil dari kemampuan siswa dianalisis korelasinya menggunakan SPSS 23.

Published
2019-01-09
How to Cite
SARI, Denintya; SUDARTI, Sudarti; BEKTIARSO, Singgih. ANALISIS KESALAHAN SISWA MENGERJAKAN SOAL UN MATERI RANGKAIAN ARUS LISTRIK SEARAH MENGGUNAKAN METODE POLYA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 235-240, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9428>. Date accessed: 21 jan. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.