LEMBAR KERJA SISWA (LKS) FISIKA BERBASIS POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) PADA MATERI MEDAN MAGNET SMAN MUMBULSARI

  • Moh. Ikbal Fathoni Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Sudarti Sudarti Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Subiki Subiki Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember

Abstract

Dalam pembelajaran fisika dibutuhkan bahan ajar yang didalamnya dapat menuntun siswa dalam membangun konsep-konsep melalui pengalaman langsung. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengembangkan lembar kerja siswa berbasis POE dalam materi medan magnet kelas XII SMA. Hasil dari pengembangan ini memperoleh validasi, efektivitas, dan respon siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain penelitian dan pengembangan (R&D) model Borg and Gall. Penelitian dilaksanakan di SMAN Mumbulsari pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Data efektifitas didapat dari hasil pre-test dan post-test dan respon siswa diperoleh selama dan setelah pembelajaran. Hasil uji peningkatan efektivitas LKS berbasis POE dengan menggunakan analisis N-Gain memperoleh nilai 0,62 yang menandakan bahwa efektivitas dari lembar kerja siswa berbasis predict, observe, explain dikategorikan sedang. Selanjutnya data respon siswa yang didapatkan memperoleh persentase 87,22 % menandakan bahwa respon siswa sangat positif pada lembar kerja siswa berbasis POE.

Published
2019-01-09
How to Cite
FATHONI, Moh. Ikbal; SUDARTI, Sudarti; SUBIKI, Subiki. LEMBAR KERJA SISWA (LKS) FISIKA BERBASIS POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) PADA MATERI MEDAN MAGNET SMAN MUMBULSARI. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 221-226, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9426>. Date accessed: 26 mar. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.