PENGARUH MEDAN MAGNET EXTREMELY LOW FREQUENCY (ELF) TERHADAP KAPASITANSI BUAH ANGGUR MERAH

  • Naura Maya Mina Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Sudarti Sudarti Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Yushardi Yushardi Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember

Abstract

Untuk dapat bertahan hidup manusia membutuhkan makanan sebagai sumber energi. Makanan dengan sumber energi yang tinggi salah satunya terdapat pada buah-buahan. Buah-buahan merupakan makanan dengan kadar air tinggi sehingga mudah mengalami pembusukan, salah satunya yaitu buah anggur merah. Buah anggur merah mempunyai banyak manfaat bagi tubuh manusia karena mengandung vitamin dan nutrisi. Meski buah anggur merah memiliki banyak manfaat tetapi belum banyak penelitian yang mengkaji pengaruh perlakuan tertentu terhadap kualitas buah anggur merah. Medan magnet extremely low frequency (ELF) dapat memberi pengaruh terhadap kualitas buah anggur merah. Indikator ketahanan buah anggur dapat dilihat dari sifat kelistrikan, salah satunya yakni kapasitansi. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh medan magnet ELF intensitas 700 μT dan 900 μT selama 2x15, 2x30, dan 2x45 menit terhadap kapasitansi buah anggur merah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode eksperimen laboratorium yang menggunakan desain penelitian randomizes subjects post-test only control group. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buah anggur merah yang dipapar medan magnet ELF intensitas 700 μT dan 900 μT selama 2x15, 2x30, dan 2x45 menit dapat mempertahankan kapasitansinya. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa paparan medan magnet ELF dapat berpengaruh terhadap ketahanan kapasitansi buah anggur merah.

Published
2019-01-09
How to Cite
MINA, Naura Maya; SUDARTI, Sudarti; YUSHARDI, Yushardi. PENGARUH MEDAN MAGNET EXTREMELY LOW FREQUENCY (ELF) TERHADAP KAPASITANSI BUAH ANGGUR MERAH. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 216-220, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9425>. Date accessed: 26 mar. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.