PENERAPAN TEKNOLOGI 3D PADA MATA KULIAH BIOLOGI

  • Muhammad Dalu Prayoga Teknik Kelistrikan Kapal, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Muh. Jauhar Fikri Teknik Kelistrikan Kapal, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Denny Oktavina Radianto Teknik Kelistrikan Kapal, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Abstract

Artikel ini menjelaskan solusi pembelajaran di era milenial berbasis teknologi di dunia sains karena pada saat pembelajaran sering terjadi kesalahpahaman presepsi antara dosen dengan mahasiswa pada saat mengidentifikasi bagian - bagian suatu objek dalam mata kuliah biologi. Hal ini terjadi karena pada media dua dimensi (buku, whiteboard) tidak dapat menjelaskan secara detail objek tersebut dari segala sisi. Disisi lain pengembangan IPTEK sangat cocok untuk mendukung berkembangnya metode pembelajaran bagi kalangan mahasiswa. Oleh karena itu untuk mengurangi kesalahpahaman tersebut dapat diatasi dengan menggunakan metode pembelajaran 3 dimensi, karena metode ini dapat menjelaskan secara detail tentang suatu objek yang dijelaskan oleh pengajar. Kelebihan metode ini dapat memberi gambaran suatu objek dari segala sisi seperti pada saat kita menonton film 3 dimensi di bioskop. Oleh karena itu, peserta didik dapat mengidentifikasi lebih jelas serta akurat objek tersebut. Untuk mendapatkan hasil penelitian mengenai metode pembelajaran 3D ini diambil menggunakan imetode triangulasi serta kuisioner.

Published
2019-01-09
How to Cite
PRAYOGA, Muhammad Dalu; FIKRI, Muh. Jauhar; RADIANTO, Denny Oktavina. PENERAPAN TEKNOLOGI 3D PADA MATA KULIAH BIOLOGI. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 211-215, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9424>. Date accessed: 18 june 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.