PENERAPAN TEKNOLOGI 3D PADA MATA KULIAH BIOLOGI
Abstract
Artikel ini menjelaskan solusi pembelajaran di era milenial berbasis teknologi di dunia sains karena pada saat pembelajaran sering terjadi kesalahpahaman presepsi antara dosen dengan mahasiswa pada saat mengidentifikasi bagian - bagian suatu objek dalam mata kuliah biologi. Hal ini terjadi karena pada media dua dimensi (buku, whiteboard) tidak dapat menjelaskan secara detail objek tersebut dari segala sisi. Disisi lain pengembangan IPTEK sangat cocok untuk mendukung berkembangnya metode pembelajaran bagi kalangan mahasiswa. Oleh karena itu untuk mengurangi kesalahpahaman tersebut dapat diatasi dengan menggunakan metode pembelajaran 3 dimensi, karena metode ini dapat menjelaskan secara detail tentang suatu objek yang dijelaskan oleh pengajar. Kelebihan metode ini dapat memberi gambaran suatu objek dari segala sisi seperti pada saat kita menonton film 3 dimensi di bioskop. Oleh karena itu, peserta didik dapat mengidentifikasi lebih jelas serta akurat objek tersebut. Untuk mendapatkan hasil penelitian mengenai metode pembelajaran 3D ini diambil menggunakan imetode triangulasi serta kuisioner.