LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KOLABORATIF UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA SISWA DI SMA

  • Risma Valentina Fitriyani Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Supeno Supeno Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Maryani Maryani Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan langkah-langkah pada lembar kerja siswa (LKS) yang mampu melatih keterampilan pemecahan masalah secara kolaboratif. Keterampilan pemecahan masalah digunakan untuk menghubungkan berbagai aspek yang dapat ditafsirkan dalam fisika karena memahami dan menguasai konsep, prinsip, dan teori, dan hukum fisika membutuhkan keterampilan pemecahan masalah. LKS kolaboratif dikembangkan atas dasar rendahnya index problem solving skill Indonesia dibandingkan dengan negara lain Lembar kerja siswa (LKS) berbasis kolaboratif merupakan suatu alternatif solusi untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah dengan berbantuan permasalahan fisika yang harus diselesaikan secara kolaboratif. Di dalam lembar kerja siswa berbasis kolaboratif tersebut telah mencakup indikator keterampilan pemecahan masalah, yaitu visualized the problem, describe the problem in physics, plan the solution, execute the plan, dan check and evaluate.

Published
2019-01-09
How to Cite
FITRIYANI, Risma Valentina; SUPENO, Supeno; MARYANI, Maryani. LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KOLABORATIF UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA SISWA DI SMA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 172-177, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9416>. Date accessed: 18 june 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.