LKS BERBASIS VIRTUAL LAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE

  • Ratih Hendrawati Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Sri Handono Budi Prastowo Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Supeno Supeno Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember

Abstract

Sekolah, guru, dan siswa memegang peran penting dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran senantiasa terjadi kegiatan interaksi antara dua unsur manusia yaitu siswa sebagai pihak belajar dan guru sebagai pihak yang mengajar. Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan media pembelajaran yang dicetak dan dikemas sedemikian rupa, sehingga siswa diharapkan dapat mempelajari materi ajar tersebut secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan LKS berbasis Virtual Lab. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Dalam penelitian ini, penentuan daerah penelitian menggunakan purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan ketersediaan sekolah sebagai tempat penelitian di SMA Muhammadiyah 3 Jember pada kelas XI IPA. Teknik pengambilan yang dipakai dalam penentuan sampel ini adalah teknik purposive sampling area. Pengambilan sampel untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen dilakukan dengan menggunakan uji homogenitas pada populasi. Uji homogenitas menggunakan uji One Way Anova pada SPSS (Statisical Package for Sosial Science). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test. Metode analisis data hasil belajar menggunakan Normalized Gain (Ng). Berdasarkan penelitian yang dilakukan setelah adanya LKS berbasis Virtual Lab dengan materi Elastisitas dan Hukum Hooke mengalami peningkatan.

Published
2019-01-09
How to Cite
HENDRAWATI, Ratih; BUDI PRASTOWO, Sri Handono; SUPENO, Supeno. LKS BERBASIS VIRTUAL LAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 148-152, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9411>. Date accessed: 26 mar. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.