IDENTIFIKASI KEMAMPUAN KREATIVITAS ILMIAH SISWA SMA NEGERI PAKUSARI PADA MATERI ELASTISITAS
Abstract
Perkembangan teknologi dan inovasi memberikan tantangan baru untuk menghasilkan sumber daya yang mampu mengembangkan kreativitas, maka siswa perlu dibekali keterampilan dan kemampuan kreativitas, sesuai dengan kecenderungan keterampilan abad 21. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kemampuan kreativitas ilmiah siswa SMA Negeri Pakusari pada materi elastisitas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-MIPA 3, XI-MIPA 4 dan XI-MIPA 5 di SMA Negeri Pakusari yang sudah pernah mempelajari materi elastisitas. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes untuk mengetahui kemampuan kreativitas ilmiah siswa dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kreativitas ilmiah siswa SMA Negeri Pakusari pada indikator unusual use mendapatkan rata-rata 2,84, pada indikator real advance mendapatkan rata-rata 2,56, pada indikator technical production mendapatkan rata-rata 3,05, pada indikator science imagination mendapatkan rata-rata 2,75, pada indikator science problem solving mendapatkan rata-rata 1,13, pada indikator creative experimental mendapatkan rata-rata 1,68, dan pada indikator science product mendapatkan rata-rata 1,81.