IDENTIFIKASI KEMAMPUAN KREATIVITAS ILMIAH SISWA SMA NEGERI PAKUSARI PADA MATERI ELASTISITAS

  • Barorotut Dawamah Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Subiki Subiki Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Maryani Maryani Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember

Abstract

Perkembangan teknologi dan inovasi memberikan tantangan baru untuk menghasilkan sumber daya yang mampu mengembangkan kreativitas, maka siswa perlu dibekali keterampilan dan kemampuan kreativitas, sesuai dengan kecenderungan keterampilan abad 21. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kemampuan kreativitas ilmiah siswa SMA Negeri Pakusari pada materi elastisitas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-MIPA 3, XI-MIPA 4 dan XI-MIPA 5 di SMA Negeri Pakusari yang sudah pernah mempelajari materi elastisitas. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes untuk mengetahui kemampuan kreativitas ilmiah siswa dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kreativitas ilmiah siswa SMA Negeri Pakusari pada indikator unusual use mendapatkan rata-rata 2,84, pada indikator real advance mendapatkan rata-rata 2,56, pada indikator technical production mendapatkan rata-rata 3,05, pada indikator science imagination mendapatkan rata-rata 2,75, pada indikator science problem solving mendapatkan rata-rata 1,13, pada indikator creative experimental mendapatkan rata-rata 1,68, dan pada indikator science product mendapatkan rata-rata 1,81.

Published
2019-01-09
How to Cite
DAWAMAH, Barorotut; SUBIKI, Subiki; MARYANI, Maryani. IDENTIFIKASI KEMAMPUAN KREATIVITAS ILMIAH SISWA SMA NEGERI PAKUSARI PADA MATERI ELASTISITAS. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 125-134, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9407>. Date accessed: 24 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.