PENGARUH LKS BERBASIS SCIENTIFIC REASONING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MAN DI JEMBER

  • Wiena Olivia Safitri Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER
  • Subiki Subiki Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER
  • Supeno Supeno Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Kurikulum 2013 didasarkan pada pendekatan ilmiah. Pendekatan ilmiah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bernalar peserta didik, dengan harapan kemampuan intelektual terutama keterampilan berpikir kritis peserta didik dapat tereksplorasi dengan baik. Selanjutnya dengan menggunakan penalaran ilmiah diharapkan mampu membentuk kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan suatu masalah secara sistematik, dapat mengembangkan karakter yang dimiliki oleh peserta didik tersebut, dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Untuk itu dibutuhkan suatu bahan ajar yang menunjang dalam proses pembelajaran yaitu dengan LKS berbasis scientific reasoning. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis peserta didik MAN di Jember setelah menggunakan LKS berbasis scientific reasoning, (2) mengkaji pengaruh LKS berbasis scientific reasoning terhadap hasil belajar peserta didik MAN di Jember, (3) mengetahui respons/tanggapan peserta didik MAN di Jember terhadap LKS berbasis scientific reasoning. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan LKS berbasis scientific reasoning memiliki persentase sebesar 61,29 %, dalam kategori “cukup”. Selanjutnya Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis scientific reasoning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Fisika di MAN. Respons peserta didik terhadap LKS berbasis scientific reasoning mencapai 71,5 %. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa peserta didik cukup merespon LKS tersebut.

Published
2019-01-09
How to Cite
SAFITRI, Wiena Olivia; SUBIKI, Subiki; SUPENO, Supeno. PENGARUH LKS BERBASIS SCIENTIFIC REASONING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MAN DI JEMBER. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 94-100, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9400>. Date accessed: 21 jan. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.