KETRAMPILAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL

  • Yessy Novita Sari Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER
  • Singgih Bektiarso Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER
  • Maryani Maryani Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam umpaya meningkatkan ketrampilan berfikir kritis dan hasil belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan LKS berbasis masalah kontekstual. Penelitian ini dilakukan pada kelas X SMAN 1 Cluring-Banyuwangi pada tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Instrument-instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain RPP, silabus, LKS berbasis masalah kontekstual, soal pre-test dan post-test. Data dianalisis menggunakan uji t-test menggunakan SPSS 23. Setelah dilakukan analisis dengan menggunakan independent sample t-test.diketahui bahwa nilai pre-test hasil belajar dan ketrampilan berfikir kritis pada kelas eksperiment dan kelas kontrol memiliki nilai sig > 0.05 sehingga tidak ada pengaruh yang signifikan. Sedangkan pada post-test memiliki nilai sig < 0.05 dimana terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas eksperiment dan kelas kontrol. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa kelas ekperiment yang diberikan perlakukan berupa pembelajaran menggunakan LKS berbasis masalah kontekstual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dan ketrampilan berfikir kritis dibandingkan pada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.

Published
2019-01-09
How to Cite
SARI, Yessy Novita; BEKTIARSO, Singgih; MARYANI, Maryani. KETRAMPILAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 89-93, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9399>. Date accessed: 18 june 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.