DIAGRAM SCAFFOLDS UNTUK MEMBELAJARKAN KEMAMPUAN SCIENTIFIC EXPLANATION SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN FISIKA

  • Ayu Dian Kirana Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Supeno Supeno Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Maryani Maryani Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember

Abstract

Scientific explanation adalah pernyataan hubungan sebab-akibat mengenai mengapa atau bagaimana sesuatu terjadi dengan disertai catatan bahwa penyataan tersebut harus mencakup prinsip-prinsip ilmiah yang sesuai. Penjelasan ilmiah memiliki tiga komponen penting yang harus diikutsertakan dalam aplikasi penjelasan ilmiah. Komponen tersebut diantaranya klaim, bukti, dan penalaran/penjelasan. Siswa diharapkan mampu membangun dan memberikan interpretasi hasil belajar berbasis bukti terhadap fenomena alam dan menunjukkan kaitan antara bukti dan penjelasan yang diberikan pada pembelajaran fisika atau mampu memiliki kemampuan penjelasan ilmiah (scientific explanation). Banyak penelitian telah melaporkan bahwa siswa menghadapi kesulitan dalam membangun penjelasan ilmiah. Peneliti melakukan penelitian tentang solusi tersebut dengan mendiskusikan rancangan LKS berbasis diagram scaffolds untuk membelajarkan kemampuan penjelasan ilmiah. Diagram sacffolds merupakan salah satu bentuk scaffolding yang mampu menjembatani pemikiran bernalar siswa dalam menumbuhkan kemampuan menjelaskan secara ilmiah. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti yang menggunakkan desain penelitian secara deskriptif pada materi fluida statis dengan memperhatikan langkah-langkah penyusuna LKS dan scaffolding yang tepat untuk membelajarkan kemampuan penjelasan ilmiah mampu menghasilkan sebuah kesimpulan yang sesuai dengan tjuan penelitian ini. LKS berbasis diagram scaffolds mampu membelajarkan kemampuan penjelasan ilmiah.

Published
2019-01-07
How to Cite
KIRANA, Ayu Dian; SUPENO, Supeno; MARYANI, Maryani. DIAGRAM SCAFFOLDS UNTUK MEMBELAJARKAN KEMAMPUAN SCIENTIFIC EXPLANATION SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN FISIKA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 82-88, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9392>. Date accessed: 26 mar. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.