LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI TERMODINAMIKA

  • Awalia Firda Utami Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Sri Astutik Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Maryani Maryani Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember

Abstract

Berpikir kritis merupakan suatu proses kognisi siswa secara secara mendalam yang diterapkan pada kegiatan pembelajaran dengan memenuhi indikator-indikator berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis siswa dilatihkan dengan menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing. LKS ini disajikan dengan pengintegrasian model inkuiri terbimbing dan dalam setiap langkah model inkuiri terbimbing dan dalam setiap langkah model inkuiri terbimbing tersebut akan dimunculkan indikator kemampuan berpikir kritis. Indikator kemampuan berpikir kritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah elementary clarification (memberikan penjelasan sederhana), basic support (membangun keterampilan dasar), inference (inferensi), advance clarification (membuat penjelasan lebih lanjut), dan strategy and tactics (strategi dan taktik). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA 2 di MAN 3 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes uraian kemampuan berpikir kritis. Tes kemampuan berpikir kritis ini berupa pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa besar peningkatan tes kemampuan berpikir kritis siswa yaitu 0, 37 dengan kategori sedang.

Published
2019-01-07
How to Cite
UTAMI, Awalia Firda; ASTUTIK, Sri; MARYANI, Maryani. LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI TERMODINAMIKA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 71-76, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9388>. Date accessed: 22 mar. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.