MODEL COLLABORATIVE CREATIVITY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN KEMAMPUAN AFEKTIF KOLABORATIF ILMIAH SISWA

  • Lutfiatun Ni’mah Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER
  • Sri Astutik Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER
  • Maryani Maryani Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep fisika dan kemampuan afektif kolaborasi ilmiah siswa setelah menggunakan model Collaborative Creativity (CC). Jenis penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dan desain penelitian adalah Desain Eksperimental Klasik. Besar peningkatan penguasaaan konsep siswa setelah menggunakan model Collaborative Creatvity (CC) diketahui dari hasil N-Gain. Nilai <g> kelas eksperimen diperoleh 0,79 (tinggi) dan kelas kontrol diperoleh 0,69 (sedang). Besar nilai <g> kelas eksperimen dengan kategori tinggi menunjukkan bahwa model Collaborative Creativity (CC) dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa. Untuk mengetahui perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test. Hasil analisis Independent-Sample T-test kelas eksperimen 0,00 yakni perbedaan rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hasil penelitian kemampuan afektif kolaboratif ilmiah siswa menunjukkan bahwa ada peningkatan kemajuan siswa pada setiap indikator kemampuan afektif kolaboratif ilmiah pada kelas eksperimen dalam tiga kali pertemuan pembelajaran sedangkan kelas kontrol siswa tidak menujukkan adanya peningkatan pada setiap pertemuan dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Collaboraive Creativity (CC) dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika dan kemampuan afektif kolaboratif ilmiah.

Published
2019-01-07
How to Cite
NI’MAH, Lutfiatun; ASTUTIK, Sri; MARYANI, Maryani. MODEL COLLABORATIVE CREATIVITY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN KEMAMPUAN AFEKTIF KOLABORATIF ILMIAH SISWA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 65-70, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9387>. Date accessed: 25 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.