LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI DISERTAI ARGUMENTATIVE PROBLEMS UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA SMA

  • Fitri Febianti Dewi Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER
  • Supeno Supeno Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER
  • Singgih Bektiarso Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Argumen adalah suatu pernyataan disertai dengan alasan yang komponennya meliputi klaim (kesimpulan, proposisi, atau pernyataan), data (bukti yang mendukung klaim), bukti (penjelasan tentang kaitan antara klaim dan data), dukungan (asumsi dasar yang mendukung bukti), kualifikasi (kondisi bahwa klaim adalah benar), dan sanggahan (kondisi yang menggugurkan klaim). Argumentasi penting untuk mengembangkan keterampilan menganalisis dan terlibat dalam argumen yang dapat mengkonstruksi penjelasan ilmiah, mengembangkan keterampilan kritis dan mengevaluasi berbagai alternatif. Meskipun argumentasi ilmiah sangat penting untuk siswa namun jarang diikutsertakan dalam pembelajaran fisika di kelas. Para siswa seringkali diminta untuk mengumpulkan data kemudian memahami suatu fenomena berdasarkan data tersebut ketika mereka terlibat dalam argumentasi ilmiah di kelas. Pembelajaran fisika berbasis inkuiri mampu memfasilitasi siswa dalam belajar berargumen. Sehingga tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah pada Lembar Kerja Siswa (LKS) yang mampu melatih kemampuan argumentasi siswa. Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri disertai argumentative problems merupakan suatu alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan argumentasi siswa melalui pemberian permasalahan-permasalahan yang bersifat argumentatif dan menuntut penyelesaian dengan menggunakan pendekatan ilmiah.

Published
2019-01-07
How to Cite
DEWI, Fitri Febianti; SUPENO, Supeno; BEKTIARSO, Singgih. LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI DISERTAI ARGUMENTATIVE PROBLEMS UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA SMA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 60-64, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9386>. Date accessed: 21 jan. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.