ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI LISTRIK DINAMIS BERDASARKAN POLYA

  • Asri Anindia Sari Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER
  • Sudarti Sudarti Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER
  • Subiki Subiki Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah, mengkaji kemampuan memahami masalah berkorelasi dengan kemampuan menyusun rencana, mengkaji kemampuan menyusun rencana berkorelasi dengan kemampuan melaksanakan rencana, dan mengkaji kemampuan melaksanakan rencana berkorelasi dengan kemampuan memeriksa kembali dalam memecahkan masalah materi listrik dinamis berdasarkan polya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di kelas XII IPA SMA di Kabupaten Jember yang masing-masing berjumlah 36 siswa pada tahun ajaran 2018/2019. Instrumen tes yang digunakan adalah soal dari Ujian Nasional pada tahun sebelumnya yang berjumlah 6 butir soal dengan berdasarkan empat tahapan polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Dari hasil tes tersebut dapat diketahui jenis-jenis kesalahan siswa seperti kesalahan terjemahan yaitu kesalahan dalam menuliskan apa yang ditanyakan dan diketahui, kesalahan strategi yaitu kesalahan dalam menuliskan langkah-langkah dan rumus-rumus fisika yang digunakan untuk menyelesaikan soal, serta kesalahan hitung yaitu kesalahan dalam melakukan perhitungan saat penyelesaian masalah sekaligus menuliskan kesimpulan. Selain itu, dapat diketahui korelasi antara kemampuan memahami masalah dengan kemampuan menyusun rencana, korelasi antara kemampuan menyusun rencana dengan kemampuan melaksanakan rencana, serta korelasi antara kemampuan melaksanakan rencana dengan kemampuan memeriksa kembali.

Published
2019-01-07
How to Cite
SARI, Asri Anindia; SUDARTI, Sudarti; SUBIKI, Subiki. ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI LISTRIK DINAMIS BERDASARKAN POLYA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 55-59, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9385>. Date accessed: 21 jan. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.