PKL (PROGRAM KELAS LITERASI) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SLOW LEARNER DI KECAMATAN MUMBULSARI KABUPATEN JEMBER

  • Eka Dewi Nurhayati universitas jember
  • Inggit Awanda Dwi Mahfuddah

Abstract

Program Kelas Literasi adalah suatu program untuk menciptakan kelas yang literat. Kelas literat adalah lingkungan kelas yang mendukung peningkatan kemampuan siswa dalam membaca, menulis, dan berkreasi yang didesain untuk dapat meningkatkan kemampuan peserta didik.   Slow-learner adalah siswa yang lambat dalam proses belajar, sehingga mereka membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan sekelompok siswa lain yang memiliki taraf intelektual yang relatif sama. Oleh karena itu, peneliti memiliki ide untuk mengadakan program kelas literasi berupa desain kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Proses pengumpulan data dan informasi dilakukan tinjauan kepustakaan. Metode pembelajaran yang menarik dan kreatif akan meningkatkan prestasi belajar peserta didik, sehingga Program Kelas Literasi merupakan salah satu metode pembelajaran yang tepat untuk dapat meningkatkan prestasi belajar pada peserta didik slow learner di Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember.

Published
2018-12-28
How to Cite
NURHAYATI, Eka Dewi; MAHFUDDAH, Inggit Awanda Dwi. PKL (PROGRAM KELAS LITERASI) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SLOW LEARNER DI KECAMATAN MUMBULSARI KABUPATEN JEMBER. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 172-176, dec. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9383>. Date accessed: 25 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.