PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN POSITIF PADA KELAS INKLUSI DI SDN BARATAN 01

  • Alifin Nurriyah universitas jember
  • Clariza Zakiah Laila Rizky
  • M. Alba Fuad Hasan

Abstract

Penelitian ini menggambarkan penanaman pendidikan karakter melalui pembiasaan positif pada siswa  berkebutuhan khusus di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk siswa inklusi yang berkarakter positif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik observasi partisipasi pasif, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SDN BARATAN 01 menerapkan pendidikan karakter melalui motivasi, keteladanan serta pembiasaan. Guru memberikan contoh teladan dengan sikap dan tindakan nyata, membiasakan siswa bekerja sama serta toleransi terhadap siswa lain

Published
2018-12-28
How to Cite
NURRIYAH, Alifin; RIZKY, Clariza Zakiah Laila; HASAN, M. Alba Fuad. PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN POSITIF PADA KELAS INKLUSI DI SDN BARATAN 01. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 165-171, dec. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9382>. Date accessed: 25 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.